1 Papol Pendukung Paslon Prabowo-Sandi Tak Hadir

Deklarasi Kampanye Damai, 5 Parpol Pendukung Capres Jokowi-Ma'ruf Absen
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 25-03-2019 | 08:40 WIB
syahrul-panggil-Parpol.jpg
Wali Kota Syahrul saat menyampaikan kata sambutan dan memanggil nama Parpol dalam Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019 di Kota Tanjungpinang, Minggu (24/3/2019). (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lima Partai politik pendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin absen dalam acara Deklarasi Kampanye Damai pada Pemilu 2019 di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Minggu (24/3/2019).

Parpol pendukunga Paslon Jokowi-Ma'ruf yang absen dalam acara yang ditaja KPU dan Kesbangpolinmas Tanjupinang itu masing-masing PDI Perjuangan, Golkar, Hanura, PSI dan PKPI.

Ketidakhadiran 5 Parpol pendukung Capres petahana itu, diketahui ketika Wali Kota Tanjungpinang memanggil satu-persatu Partai politik yang hadir pada Deklarasi Damai Kampanye Pemilu 2019 itu.

"Partai PPP mana?" ujar Syahrul, yang disambut dengan tunjuk tangan dan yel-yel jawaban 'Hadir' dari kader dan simpatisan PPP. Demikian juga saat Syahrul menyebut partai PKB, Demokrat, Nasdem, Gerindra, Garuda dan seterusnya.

Tetapi ketika, Syahrul menyebut PDIP, Golkar serta partai lainya, tidak satu pun orang yang hardir dalam deklarasi itu tunjuk tangan. Demikian juga barisan mobil pawai yang dilepas, tidak terlihat atribut dan armada 5 Parpol tersebut mengikuti Pawai.

Selain tidak mengikuti pawai, PDIP, Golkar, Hanura, PSI, PKS dan PKPI, pada saat itu juga tidak melakukan penandatanganan Deklarasi Kampanye Damai di papan deklarasi yang disediakan panitia.

Ketika dikonfrimasi, mengenai ketidak hadiran kelima Parpol pendukung Capres dan Cawapres petahana itu, Syahrul mengaku, kurang mengetahuinya.

Anggota Komisioner KPU Tanjungpinang, M Yusuf juga mengatakan tidak mengetahui apa penyebab 5 Parpol tersebut tidak ikut Deklarasi Kampanye Pemilu Damai.

"KPU yang diminta Kesbangpol mengundang Parpol sudah menyampaikan undangan. Dan kami tidak tahu apa penyebabnya tidak hadir, padahal selain undangan, kami juga sudah komunikasikan kepada masing-masing Ketua Parpol-nya," sebut M Yusuf.

Ditanya, apakah dengan ketidakhadiran 5 Parpol ini, sebagai bentuk ketidaksetuju terlaksananya Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019, secara tegas M Yusuf membantahnya. "Tidak lah, karena semua Parpol kami yakin pasti mengharapakan pelaksanaan Pemilu dan kampanye yang damai," ujarnya.

Editor: Gokli