Korcab IV DJA I Adakan Pelatihan Ecoprint Advance di Mako Lantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 23-03-2019 | 11:04 WIB
ecoprint-advance.jpg
Korcab IV DJA I gelar pelatihan ecoprint advance di Aula Yos Sudarso, MakoLantamal IV Tanjungpinang, Jumat (22/3/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Koordinator Cabang IV (Korcab IV) Daerah Jalasenastri Armada I (DJA I) mengadakan pelatihan ecoprint advance di Aula Yos Sudarso, Markas Komando (Mako) Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IV, Jalan Yos Sudarso nomor 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Kepuluan Riau (Kepri), Jumat (22/3/2019).

Ketua Korcab IV DJA I, Ny Musyarrafah Ridwan Arsyad Abdullah pada kesempatan tersebut mengatakan, pelatihan ecoprint advance yang dilaksanakan ini selain untuk menambah ilmu pengetahuan juga sebagai ajang untuk menjalankan silaturahmi antara ibu-ibu Jalasenastri, Kowal dan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Lantamal IV.

"Ecoprint adalah merupakan salah satu teknik untuk membuat motif batik pada kain," ujar Ny Musyarrafah Ridwan Arsyad Abdullah, mengutip siaran pers Dispen Lantamal IV, Sabtu(23/3/2019).

Ia menjelaskan, teknik ecoprint mulai menjadi tren semenjak dua tahun terakhir, teknik tersebut terbilang unik dan mudah karena memanfaatkan bahan-bahan alami dari tumbuhan disekitar sebagai sumber pola dan warna.

"Bahan-bahan ini berasal dari bunga, daun, batang dan bagian tumbuhan yang lain," ujar Ketua Korcab IV DJA I.

Menurut Ketua Korcab IV DJA I ada beberapa teknik yang digunakan untuk menghasilkan motif ecoprint yang indah di antanya yakni pounding (dipukuli) dan steaming (dikukus).

Untuk pounding daun yang telah dikumpulkan lantas dipukul-pukul di atas lembaran kain putih sehingga mengeluarkan warna yang alami. Setelah pounding tahap selanjutnya kain akan disteaming beberapa jam di dalam panici, setelah itu direndam air tawas yang bertujuan agar warna daun tidak luntur saat dicuci.

Pelatihan ecoprint tersebut diikuti ibu-ibu Jalasenastri Korcab IV DJA I, Kowal dan PNS yang berada di Lantamal IV.

Editor: Gokli