RPJMD Kota Tanjungpinang 2018-2023 Disahkan

Ini Skala Prioritas Syahrul-Rahma Bangun Tanjungpinang 5 Tahun ke Depan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 21-03-2019 | 09:40 WIB
syahrul-rpjmd-tpi.jpg
Wali Kota, H Syahrul saat menyampaikan skala prioritas pembangunan dalam RPJMD 2018-2028 di Paripurna DPRD Tanjungpinang. (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang Syahrul mengatakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2018-2023 di awal tahun kepemimpinanya akan meningkatakan pembangunan SDM melalui pelayanan pendidikan, keagamaan, kesehatan serta kesejahteraan masyarakat Tanjungpinang.

"Pembiayaan kegiatan pembangunanya, kita harapkan semua tidak hanya dari APBD, tetapi juga didukung oleh APBD Provinsi dan APBN," ujarnya, usai menghadiri Paripurna Pengesahaan Perda RPJMD Kota Tanjungpinang 2018-2023 di Gedung DPRD, Rabu (20/3/2019).

Lebih lanjut Syahrul mengatakan, selain peningkatan SDM, penanganan banjir di beberapa titik Kota Tanjungpinang, juga menjadi skala prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan. "Dan di tahun ke dua, baru kami fokus pada peningkatan sara infrastruktur, dan pariwisata serta sebagainya. Harapan kami kegiatan pembangunan Kota Tanjungpinang ini, juga mendapat dukungan dari Gubernur untuk dapat direalisasikan," katanya.

Dalam setiap tahun pelaksanaan, Syahrul menambahkan, juga akan lebih dievaluasi dan ditata sesuai dengan skala prioritas pembangunan yang direncanakan. "Selain menjadi janji dari visi dan misi kami, RPJMD ini akan menjadi pedoman dan rambu-rambu pada kami dan Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan pembangunan selama 5 tahun ke depan," ujarnya.

Namun demikian, Syahrul juga mengakui, jika dibandingkan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Kota Tanjungpinang 2005-2025 yang seharusnya sudah lepas landas dan telah menyelesaikan pembangunan SDM, peningkatan kesehatan serta infrastruktur dan lainya.

Diakui Syahrul, jika hanya berharap dari APBD, RPJMD Kota Tanjungpinang 2018-2023 itu, dengan RPJP 2005-2025 itu tidak akan tercapai. "Oleh karena itu, kami berharap ada sinergitas antara masyarakat, Pemerintah Kota dan Provinsi serta Pemerintah Pusat dalam mewujudkan RPJP Kota Tanjungpinang ini," ujarnya.

Hal yang sama juga dikatakan Wakil Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Agga. Dia mengatakan, kendati dalam RPJMD 2018-2023 ini masih tetap berkutat pada penyelesian peningkatan SDM dan pelayanan, serta infrastruktur, tetapi yang mejadi penilaian nantinya adala evaluasi titik capaian.

"Jadi memang benar, kalau dari Wali Kota-Wali Kota sebelumnya, juga masih berkutat di pendidikan, SDM, pelayanan dan infrastruktur. Tetapi dalam RPJMD 2018-2023 ini, nantinya akan bertitik pada capaian dari apa yang direncanakan," kata Ade Angga.

Atas dasar itu, politisi Golkar ini juga meminta dukungan dan partisipasi semua pihak, agar program pembangunan Kota Tanjungpinang sebagaimana yang direncanakan pada RPJMD 2018-2023 ini, dapat mempercepat capaian RPJP Kota Tanjungpinang pada 2015 mendatang.

Editor: Gokli