Penataan Pasar Bincen Semrawut, Rahma Tegur PT Sinar Bahagia Selaku Pengelola
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 09-03-2019 | 13:04 WIB
Untitled-16.jpg
Pengecekan kondisi Pasar Bincen Tanjungpinang. (Foto: Roland).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang menegur PT Sinar Bahagia selaku pengelola Pasar Bintan Center di Komplek Ruko Bintan Center (Bincen) KM 9 Kota Tanjungpinang.

Pasalnya, saat dilakukan pengecekan oleh wali Kota Tanjungpinang bersama intansi terkait, masih ditemukan penataan tempat para pedagang berjualan semrawut atau belum optimal. Seperti penataan parkir, dan penataan barang-barang (viber ikan) pedagang yang masih ditempatkan di badan jalan. Sehingga, dapat mengganggu para pengunjung pasar.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma mengatakan, pihaknya turun bersama Forum Kota Sehat Tanjungpinang, untuk mencari solusi bagaimana bisa menghadirkan rasa nyaman kepada pengunjung yang berbelanja ke pasar Bincen ini.

"Hari ini kami sama-sama mengajak pedagang untuk menjaga kebersihan. Selaim itu, fungsikan segalanya sesuai yang sudah menjadi kesepakatan," kata Rahma, Sabtu (9/3/2019).

Belum optimalnya penataan pasar Bincen, seperti penempatan viber ikan para pedagang yang ditempatkan tidak pada tempatnya. Padahal, viber itu bisa ditempatkan di bawah meja tempat dagangan. Sehingga, tidak ada penempatan viber di tengah jalan yang dapat menghalangi bahu jalan dan orang untuk masuk ke pasar ini.

"Jika kita bisa menghadirkan rasa nyaman, maka bisa menjamin dan memberikan dampak kepada masyarakat yang akan berbelanja. Mereka juga dengan senang bisa berbelanja ke pasar ini," ujarnya.

Ia menghimbau kepada pengelola pasar Bincen, PT Sinar Bahagia, untuk lebih memberi kejelasan perparkirannya. Contohnya penataan sepeda motor dimana dan mobilnya dimana, dan tunjukkan mana pintu masuk dan mana keluarnya kendaraan.

"Selain itu juga perlu adanya bongkar muat di pasar ini, karena namannya pasar harus tempat bongkar muat," jelasnya.

Ia mengajak seluruh elemen menjaga kebersihan supaya untuk menjadikan pasar ini menjadi pasar sehat. Karena pernah beberapa tahun lalu pasar Bincen ini menjadi terbaik nomor dua di tingkatkan nasional.

Perwakilan PT Sinar Bahagia Daswin menyebutkan, untuk penataan parkiran dan pasar secepatnya akan diperbaiki. Termasuk soal penataan parkir akan diperbaiki bersama Dishub Kota Tanjungpinang. Selain itu, kurangnya pasokan air selama ini para pedagang menggunakan air Pam.

"Kami meminta kepada pemerintah untuk membantu pengambilan sampah itu sesuai jadwal, sehingga tidak ada sampah yang menumpuk disini. Kemudian bantuan dari segi pengamanan seperti satpol pp ditempatkan disini, karena petunjuk ibu wakil walikota maka kami akan menggunakan," tutupnya.

Editor: Chandra