Satpolair Polres Tanjungpinang Bersihkan Sampah-sampah di Laut
Oleh : Roland Aritonang
Jumat | 22-02-2019 | 09:40 WIB
sampah-tpi.jpg
Kasatpolair Polres Tanjungpinang, Iptu Ryan saat membersihkan sampah-sampah di laut. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Tanjungpinang membersihkan sampah-sampah di Perairan Tanjungpinang, sampena memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Kamis (21/2/2019).

Kasatpolair Polres Tanjungpinang, Iptu Ryan mengatakan, pihaknya bersama-sama dengan Pemko dan masyarakat membersihkan sampah-sampah yang berada di pinggir perairan untuk peduli dengan kondisi lingkungan sekitar.

"Ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan bisa memberikan contoh untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan," ujar Ryan.

Ia menjelaskan, selain itu pembersihan sampah-sampah di laut, ini juga untuk menjaga ekosistem laut. Seluruh anggota memunguti sampah plastik yang berserakan di sekitar bibir pantai. Personil juga membersihkan sampah yang mengambang menggunakan serokan.

Dikatakan Ryan, adapun wilayah perairan laut Tanjungpinang meliputi dari tepi laut sepanjang pesisir Pantai Gedung Gonggong, Pelantar I, Pelantar II dan Pelantar KUD. Pihaknya dibantu oleh masayrakat yang kesehariannya berkerja sebagai penambang pompong.

"Cukup banyak sampah diangkut nantinya sampah tersebut akan dibuang ke TPA," sebutnya.

Lanjutnya, kegiatan bersih sampah ini juga akan terus berlanjut demi menjaga ekosistem laut sehingga di Perairan Kolam Bandar bersih dari sampah, yang paling banyak dijumpai itu sampah plastik.

"Ada sampah plastik, botol dan kayu yang menjadi dominan ditemukan pada saat pembersihan," katanya.

Ryan mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di pesisir pantai untuk tidak membuang sampah sembarang ke laut. Buanglah sampah pada tempatnya, yang sudah disediakan.

"Mari sama-sama untuk menjaga lingkungan dan ekosistem laut sehingga perairan di sini bersih dari sampah," tutupnya.

Editor: Gokli