Pemprov dan Pemko Tanjungpinang Dukung Gerakan Indonesia Bersih
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 21-02-2019 | 18:34 WIB
isdianto-bersama-mentri1.jpg
Wakil Gubernur Kepri, Isdianto foto bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) Siti Nurbaya. (foto: Charles).

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Dukung Gerakan Indonesia Bersih, Wakil Gubernur Kepri Isdianto dan Wali kota Tanjungpinang Syahrul, menyatakan akan segera melakukan sosialisasi dan penyuluhan tentang sampah dan penangananya untuk memberi kesadaran pada masyarakat.

Isdianto mengatakan, Kepulauan Riau sebagai daerah wisata, sangat mendukung program gerakan Indoensia bersih yang di luncurkan pemerintah pusat tersebut, dalam menjadi Provinsi Kepri yang wilayah laut dan lingkungan daratnya yang bersih.

Terwujudnya kebersihan wilayah laut, tambah Isdianto, merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan. Kebersihan lingkungan tempat tinggal juga meningkatkan kesehatan.

"Menjaga kebersihan sudah merupakan kewajiban kita bersama. Dan usai rapat ini, kita akan segera memanggil instansi terkait untuk menindaklanjuti hasil rapat ini dengan program di daerah," kata Isdianto usai menghadiri launching Gerakan Indonesia Bersih dalam Rapat Kerja Nasional,Pusat dan Daerah di Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Sebagi langkah awal, jelasnya Pemerintah Provinsi akan mensosialisasikannya Pemerintah Kabupaten kota, serta masyarakat luas, yang diawali dari anak-anak SD, Seperti diantaranya agar anak-anak rajin mencuci tangan dan buang sampah pada tempatnya.

"Saya yakin, kebiasaan hidup bersih jika terdispilin sejak kecil, akan berdampak hingga dewasa dan hal ini harus didukung oleh semua pihak serta diawali dari lingkungan terkecil yakni keluarga," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Tanjungpinang, H Syahrul mengatakan gerakan Indonesia Bersih yang diluncrukan pemerintah pusat itu, akan segera diaplikasikan di Kota Tanjungpinang, melalui penananaman karakter masyarakat untuk menjaga lingkungan.

"Ini merupakan program baru dari pemerintah, sebagai lanjutan dari beberapa program lainnya dan saya berharap elemen masyarakat harus turun tangan untuk menjaga lingkungan, menjaga kebersihan secara berkelanjutan," ungkap Syahrul.

Syahrul juga mengatakan melalui program Indonesia Bersih ini, ia merasa perlu dilakukan penyuluhan dan pemahaman edukasi terhadap persampahan serta dampak yang ditimbulkan dari lingkungan yang tidak sehat.

"Kedepan, akan dilakukan penyuluhan atau edukasi tentang sampah, pengelolaan sampah, pemanfaatan sampah dan dampak sampah bagi kesehatan, ini diperlukan kesadaran masyarakat terkait sampah yang harus melekat dan harus diaplikasikan dalam kehidupan," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Syahrul juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan program besar pemerintah ini secara bersama-sama, guna tercapainya Indonesia yang bersih.

"Kali ini kita tidak semata-mata untuk mengejar Adipura dan Adiwiyata, tetapi bagaimana konsep besarnya untuk mewujudkan Indonesia bersih dan sehat, program ini juga akan dilakukan pemantauan progres setiap tahunnya," tutup Syahrul.

Editor: Chandra