Kementerian Lingkungan Hidup Launching Gerakan Indonesia Bersih
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 21-02-2019 | 18:40 WIB
isdianto-bersama-mentri.jpg
Wakil Gubernur Kepri, Isdianto foto bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) Siti Nurbaya. (foto: Charles).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebagai salah satu langkah dan upaya menjadikan lingkungan bersih dan sehat, Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, menggela Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Launching Gerakan Indonesia Bersih. Rakernas dibuka Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (LHK) Siti Nurbaya mengatakan, peluncuran gerakan Indonesia Bersih serta rapat kerja Nasional itu dilaksanakan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 tanggal 21 Februari 2019.

Dengan Rakernas Indonesia Bersih itu Siti mengatakan, pemerintah akan memastikan langkah-langkah percepatan Gerakan Indonesia Bersih baik dari kebijakan sektor dan daerah, serta mendorong pemerintah daerah dalam mewujudkan target-target nasional upaya pencapaiannya.

"Gerakan Indonesia Bersih dapat diwujudkan melalui peningkatan kerjasama antar sektor dan peningkatan kinerja pemerintah daerah. Selain itu dilakukan juga sinergi kebijakan sektor dalam upaya-upaya pengelolaan sampah, baik peningkatan sarana dan parasarana maupun mendorong partisipasi publik," jelasnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan, agar gerakan ini menjadi gerakan yang masif dan meminta semua pihak terkait agar bekerja keras. Hal tersebut dikarenakan sampah dapat berdampak pada banyak hal seperti kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak.

"Permasalahan sampah penting untuk diatasi. Sebab, sampah berdampak pada kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak," kata Luhut.

Luhut juga mengajak seluruh kepala daerah dan seluruh elemen masyarakat untuk saling bersinergi dalam upaya mensukseskan gerakan tersebut.

"Mari kita saling bersinergi baik dari pihak pemerintah serta pihak swasta, bekerjasama untuk mensukseskan gerakan ini, tidak ada yang tidak bisa kita lakukan apabila kita bersatu dan bekerjasama,"lanjutnya.

Luhut menjelaskan, ada 5 strategi rencana aksi nasional dalam menyukseskan Indonesia Bersih, seperti perubahan perilaku, mengurai kebocoran sampah dari darat (80 persen dan sampah laut berasal dari darat), mengurangi kebocoran sampah dari kegiatan laut, penegakan hukum, Pendanaan dan penelitian serta pengembangan lingkungan hidup.

"Kita harus bangga menjadi bangsa dan masyarakat Indonesia, kita harus bersatu, mari kita bersama bergerak menciptakan Indonesia Bersih,"pungkas Luhut.

Acara ini juga dihariri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Koordinator Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek, Menteri Perdagangan Airlangga Hartarto,Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dan Wakil Menteri ESDM Archandra.

Selain itu, hadir juga Gubernur, Walikota dan Bupati seluruh Indonesia, termasuk Walikota Tanjungpinang, H.Syahrul turut mengikuti Rakernas tersebut.

Editor: Chandra