Layani Rute Pulau 7

Kepri Dapat Bantuan Dua Unit KM Sabuk Nusantara dari Pemerintah Pusat
Oleh : Ismail
Jum\'at | 15-02-2019 | 13:28 WIB
sabuk-nusantara1.jpg
KM Sabuk Nusantara 48 saat berlabuh jangkar di depan Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kabar baik bagi masyarakat Provinsi Kepulauan Riau yang kerap menggunakan transportasi laut berupa perintis. Khususnya, warga Pulau 7 di daerah Natuna, Anambas dan Bintan.

Pasalnya, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan memberikan bantuan dua unit kapal perintis, Sabuk Nusantara 48 dan 83 untuk melayani jalur transportasi antar pulau kepada Provinsi Kepri.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepri Jamhur Ismail menyampaikan, bantuan dua unit kapal sabuk nusantara itu bukanlah penambahan armada dari Pemerintah Pusat. Melainkan, untuk menggantikan kapal yang sebelumnya beroperasi di Kepri. Yakni, KM Sabuk Nusantara 30 dan 62.

"Kita bersyukur dapat bantuan ini. Dua kapal ini tentunya dapat mengganti peran kapal Sabuk Nusantara 30 dan 62 yang umurnya sudah tua," ujarnya, belum lama ini.

Ia menerangkan, kedua kapal baru itu memiliki kapasitas yang lebih besar bila dibanding dengan kapal sebelumnya. Diharapkan, dengan kapasitas yang lebih besar itu dapat memberikan rasa nyaman dan aman bagi penumpang.

Selain itu, keberadaan kapal baru ini juga diharapkan dapat memperlancar arus barang kebutuhan masyarakat.

"Saya berharap nantinya transportasi khsusnya membawa barang ke dan dari daerah di Kepri ini akan semakin lancar. Apalagi saat musim angin utara dan musim penghujan yang gelombangnya bisa mencapai 5 hingga 6 meter," pungkasnya.

Editor: Yudha