KPU Tanjungpinang Rakit 2.849 Kota Suara Pileg dan Pilpres 2019
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 09-02-2019 | 14:52 WIB
kardus-pileg-pilpres-tpi.jpg
Kotak suara Pileg dan Pilpres 2019 di gudang KPU Tanjungpinang dalam proses perakitran. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kantor Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang saat ini masih mmerakit 2.849 kotak suara Pileg dan Pilpres 2019 di Gudang Logistik KPU, Jalan Handjoyo Putro, Kilometer 8 Atas, Kecamatan Tanjungpinang Timur.

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Aswin Nasution mengatakan, sebanyak 2.849 lembar kotak suara yang terbuat dari bahan karton dupleks (kardus) baik untuk Pileg maupun Pilpres 2019. Diketahui bahwa yang merakit kotak suara ini adalah petugas KPU Tanjungpinang.

"Kami akan segera menyelesaikan pelipatan kotak berbahan karton kedap air yang jumlahnya 2.849," kata Aswin, Sabtu (9/2/2019).

Dalam pelipatannya, petugas sekaligus mencek setiap karton dupleks untuk memastikan jumlahnya di dalam plastik bening sebanyak 10 lembar. Kotak ini akan disalurkan di 568 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 18 kelurahan.

"Untuk setiap TPS nantinya akan ada 5 kotak. Termasuk untuk di Rutan Kelas I Tanjungpinang," ucapnya.

Aswin menjelaskan, ketika kotak suara tersebut sudah dirakit, maka petugas akan memasang stiker warna. Di antaranya stiker warna Biru untuk DPRD Provinsi Kepri, warna Abu-abu untuk pasangan calon (Paslon) Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI), warna Kuning DPR RI, warna Merah DPD RI, dan warna Hijau DPRD Kabupaten/Kota.

"Stiker warna itu untuk menandakan kotak suara dari Calon Pileg maupun Pilpres 2019," tutupnya.

Editor: Gokli