Danlantamal IV Tanjungpinang Resmi Dijabat Arsyad Abdullah
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 08-02-2019 | 14:28 WIB
sertijab-danlantamal-4.jpg
Serah terima jabatan Danlantamal IV dari Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno kepada Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang resmi dijabat Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah.

Serah terima jabatan dari Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno kepada Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah berlangsung di lapangan Mako Lantamal IV Tanjungpinang, Jalan Yos Sudarso nomor 1 Batu Hitam, Tanjungpinang, Jumat (8/2/2019).

Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno, dipromosi menjadi Staf Khusus Markas Besar TNI AL. Sedangkan Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdullah, sebelumnya menjabat Staf Khusus Markas Besar TNI AL.

Panglima Koarmada Armada I (Pangkoarmada), Laksamana Muda TNI Yudo Margono mengatakan, serah terima jabatan merupakan dinamika dari sebuah organisasi yang terus bergerak, agar dari waktu ke waktu menjadi lebih baik. Pergantian pejabat bukanlah sekedar pergantian personel semata.

"Tetapi juga bermakna sebagai wujud kepercayaan dari pemimpin TNI AL yang diberikan kepada perwira terpilih," kata Yudo.

Yudo menjelaskan, tujuan sertijab ini untuk memantapkan kualitas kepemimpinan mengembangkan kemampuan manejerial dan memperluas wawasan, serta memperkaya pengalaman bagi perwira.

"Sehingga pimpinan yang baru menjabat mampu mengemban tugas yang dibebankan kepada seluruh prajurit," katanya.

Ia memaparkan, letak geografi wilayah kerja Lantamal IV sangat strategis, karena terdapat selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan Sea Lines of trade, Sea Lines Communication (Sloc) dan Chokepoint bagi Pelayaran internasional.

Ia juga menekan kepada pemimpin baru yang menjabat di antaranya yang pertama bina serta pimpin satker dengan benar berlandaskan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit, trisula TNI AL.

"Pahami dan laksanakan perintah harian Panglima Koarmada I sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, laksana tugas secara profesional sesuai kewenangannya, laksanakan pembinaan untuk meningkatkan profesional dan tingkatkan kepedulian setiap pelaksanaan di satuan kerja," tutupnya.

Editor: Gokli