ABK Tug Boat Koi 3 Merupakan WNI

Tabrakan dengan Tanker Shun Sheng, Empat ABK Tug Boat Koi 3 Selamat Dua Hilang
Oleh : Roland
Kamis | 07-02-2019 | 12:52 WIB
tangker_tenggelam.jpg
Upaya pencarian yang dilakukan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang terhadap ABK Kapal Tanker Tug Boats Koi 3 (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Empat awak kapal (ABK) tug boat Koi 3, yang tabrakan dengan kapal tanker Shun Sheng di perairan Selat Singapura, Kamis(7/2/2019) pukul 04.57 Wib dini hari tadi, berhasil diselamatkan.

Keempat ABK yang selamat, yakni Iswahyudi, Syamsu Alam, Karjan, dan Setia Budi Damai, telah dievakuasi ke rumah sakit Singapura sekitar pukul 09.40 WIB, untuk segera mendapatkan perawatan medis.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi, mengungkapkan, tug boat Koi 3 berlayar dari Pasir Gudang Malaysia tujuan Tuas Singapura.

"Empat ABK sudah berhasil diselamatkan. Sementara dua lagi atas nama Budi Setiyoko dan Dodi Maulana belum ditemukan. Seluruh korban warga negara Indonesia (WNI)," ungkap Budi.

Ia memaparkan, untuk pencarian dan evakuasi korban pihaknya menurunkan KN SAR Purworejo 101 dengan 18 orang personel, dibantu anggota Pos Pencarian dan Pertolongan Batam sebanyak 5 orang, yang bergerak menuju lokasi kejadian dan membawa peralatan lainnya.

"Dalam pencarian ini kami juga dibantu oleh TNI AL, KP 2003 Polairud Polda Kepri, Speedboat Lanal Batam, Speedboat MPA Singapore 3, Speedboat MPA Singapore 4 dan Speedboat MPA Singapore 6," paparnya.

Diketahui bahwa Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang melakukan pencarian terhadap 2 orang awak Tug Boat Koi 3 berbendera Sierra Leone, yang hilang setelah tabrakan dengan kapal Tanker Shun Sheng di Perairan Selat Singapura, Kamis (7/2/2019) sekitar pukul 04.57 WIB.

Editor: Surya