Isdianto Minta Dinas PU Benahi Simpang Depan Ramayana Tanjungpinang
Oleh : Ismail
Rabu | 06-02-2019 | 10:52 WIB
jalan-benahi.jpg
Wakil Gubernur Kepri, Isdianto bersama Kadis PU dan Kadishub saat meninjau jalan di depan Ramayana Tanjungpinang. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Gubernur Kepri, Isdianto meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) untuk melakukan pembenahan jalan persimpangan menuju Dompak di depan Ramayana Mall, Jalan Wiratno Tanjungpinang.

Pembenahan jalur kawasan itu, menurutnya bukan tanpa alasan. Dikarenakan, di kawasan itu sering terjadi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) bahkan hingga menimbulkan korban jiwa.

"Saya sudah sering mendapatkan keluhan dan laporan dari masyarakat, terkait sering terjadinya kecelakaan di jalan simpang tiga ini. Untuk itu saya merespon dan akan mengambil langkah agar ada perbaikan sehingga tidak terjadi lagi kecelakaan," katanya, di sela peninjauan simpang tiga tersebut, belum lama ini.

Dikatakannya, memang dengan dibukannya akses jalan menuju Pulau Dompak atau ke pusat pemerintahan di Pulau Dompak ini, akses jalan yang tadinya hanya dua jalur menjadi ada persimpangan.

Dengan adanya persimpangan ini, maka arus kendaraan terjadi perubahan, pengendara harus berhati-hati karena banyak kendaraan yang akan masuk ke jalur arah Dompak. "Karena jalur simpang tiga ini berada dibelokan dan dari arah jalan depan Kantor Gubernur lama jalannya menurun dan juga ada persis di atas jembatan, sehingga menyulitkan pengendara. Untuk itu saya minta ke Dinas PU dan Dinas Perhubungan agar merekayasa jalur yang ada ini sehingga aman bagi pengendara," harapnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada Dinas PU Kepri agar persimpangan itu dilakukan pelebaran jalan. Atau dibuatkan bundaran di tengah persimpangan tiga tersebut. Itu merupakan langkah jangka pendek.

Sehingga akan memudahkan bagi pengendara yang akan menuju Dompak dan bagi pengendara yang mengambil arah lurus dari dua arah ini tidak saling serobot. "Kan saat ini pengendara berebut untuk saling mendahului, sehingga sering terjadi kecelakaan. Saya juga meminta agar dipasang rambu-rambu di simpang tiga ini dan diaktifkan dengan baik untuk mengantisipasi kesemrawutan dan kecelakaan," jelasnya.

Untuk pelebaran jalan kata Isdianto karena saat ini APBD murni 2019 sudah berjalan sehingga tidak mungkin bisa disisipkan di murni. Untuk itu akan diusahakan masuk dianggarkan APBD Perubahan.

"Pelebaran ini untuk solusi jangka pendek. Sebab, untuk jangka panjang di lokasi simpang tiga ini rencananya akan dibangun jalan layang atau play over," katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas PU Kepri Abu Bakar mengatakan, untuk solusi jangka pendek masalah di simpang tiga ini akan diusahakan dengan mengatur atau merekayasa jalur yang ada.

"Kita akan membahasnya dengan Dinas Perhubungan dan melibatkan Kepolisian dalam hal ini Satlantas Tanjungpinang. Ini upaya jangka pendek agar meminimalisir kecelakaan di lokasi ini," ujarnya.

Abu juga menyebutkan, apa yang menjadi usulan Pak Wagub ini akan menjadi atensi bagi pihaknya, untuk melakukan pembenahan di simpang tiga ini. Karena dengan adanya jalur baru ke arah Dompak ini jalan utama tersebut menjadi terhambat.

"Untuk solusi jangka pendek sesuai arahan Pak Wagub akan diusahakan secepatnya dikerjakan. Dan untuk jangka panjang memang ini yang masih dilakukan pembahasan sebab anggaran membangun play over biayanya tidak sedikit," sebutnya.

Editor: Gokli