Pemprov Kepri Akhirnya Hibahkan Lahan di Dompak untuk Kantor KPU
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 05-02-2019 | 09:28 WIB
audensi-isdianto-kpu.jpg
Wakil Gubernur Isdianto saat melakukan audensi dengan Komisioner KPU Kepri tentang hibah lahan kantor di Dompak. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri akhirnya menyedikan lahan Kantor KPU di kawasan pusat Pemerintahan Dompak.

Pemberiaan lahan pembangunan gedung Kantor KPU Kepri itu terungkap dalam pertemuaan audensi komisioner KPU Kepri dengan Wakil Gubernur Isidanto di ruang kerjanya, Senin (4/2/2019).

Dari pertemuan itu, disepakati lokasi lahan yang akan dihibahkan Pemerintah Provinsi Kepri ke KPU berada di kawasan pusat pemerintahan, Dompak Tanjungpinang, tepatnya di sekitar Kantor Kanwil Dirjen Perbendaharaan Negara Kementeriaan Keuangan.

"Selain hibah tanah untuk KPU, sekaligus akan kita sejalankan juga dengan penyerahan hibah tanah untuk Kantor Bawaslu dan Badan Pertanahan Nasional," kata Isdianto.

Selanjutnya, tambah dia, masing-masing lembaga dapat berlomba-lomba menjolok dana dari pusat untuk pelaksanaan pembangunananya.

Dengan adanya surat tanah hibah dari Pemprov Kepri ini, nantinya KPU akan segera menyampaikannya ke KPU Pusat, guna memberitahunakan jika KPU Kepri sudah memiliki lahan, tinggal KPU menyediakan kebutuhkan dana untuk membangunnya.

Untuk proses sertifikasi dari lahan hibah yang diberikan, Wakil Gubernur juga berjanji akan mengawalnya sampai selesai. Bahkan, dia berharap sebelum Pemilu 17 April nanti sudah ada kejelasan hukum atas lahannya, dan diharapkan selanjutnya KPU bisa segera mengajukan alokasi dana pembangunan.

"Insya Allah khusus ini, saya akan ikuti sampai selesai," ujar Isdianto kepada Ketua KPU Kepri, Sriwati.

Sementar itu, Ketua KPU Kepri, Sriwati mengatakan, dengan kondisi KPU Kepri yang belum memiliki kantor sampai saat ini menjadi pembicaraan di tingkat pusat dalam setiap kesempatan rapat yang dia hadiri.

"Setiap rapat di pusat pasti KPU Kepri selalu jadi topik pembicaraan. Karena memang kita belum punya kantor. Hanya menyewa Ruko, itu juga dengan kondisi yang memprihatinkan," ujar Sriwati.

Atas kepastian lahan hibah pembangunan kantor tersebut, Sriwati juga mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kepri. Dan, jika lahan yang dijanjikan Pemprov Kepri tersebut sudah benar-benar nyata, baik secara surat-menyurat maupun titik real lokasinya, KPU Kepri akan segera melaporkan hal tersebut ke KPU Pusat.

"Harapan kami alokasi dana pembangunan kantor ini, segera dapat dilaksanakan pada tahun mendatang," ujarnya.

Editor: Gokli