Evakuasi TB Mega Daya 17, Basarnas Tanjungpinang Turunkan KN Sar Purworejo
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 02-02-2019 | 09:52 WIB
sar-evakuasi.jpg
Anggota Basarnas Tanjungpinang dari KN Sar Purworejo saat merepat ke TB Mega Daya 17 untuk melakukan evakuasi. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan SAR Nasional (Basarnas) Tanjungpinang kerahkan KN Sar Purworejo untuk membantu Kapal TB Mega Daya 17 rute Tanjungbalai Karimun menuju Singapura yang mengalami mati mesin di arah Barat Daya Batam, Jumat (1/2/2019) pukul 21.15 WIB.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi melalui Kasi Ops, Eko Surprianto mengatakan, sesuai dengan informasi yang didapat dari Maritime and Port Authority (MPA) Singapore bahwa kapal TB Mega Daya 17 mengalami mati mesin dan meminta bantuan.

"Posisi kapal pada koordinat 01.03.37 N - 103.43.25 E atau arah Barat Daya Batam," ungkap Eko.

Berdasarkan informasi itu, pihaknya menurunkan satu unit Kapal KN Sar Purworejo beserta anggota berjumlah 18 orang dan rescuer Pos SAR Batam sebanyak 3 orang untuk bergerak menuju ke lokasi kejadian.

"Jarak dari Pos SAR Batam ke lokasi ditarik garis lurus 13Nm/70 derajat, jarak dari Kansar TPI ke lokasi 47NM/281 derajat dan diketahui jarak dari Pelabuhan Sekupang ke lokasi mengikuti alur pelayaran kurang lebih 18 NM atau 1,5 jam," ungkapnya.

Setelah sampai di lokasi, Kapal KN Purworejo tiba posisi kapal TB Mega Daya 17 lego jangkar dalam kondisi aman. Anggota Kapal KN Purworejo menurunkan sekoci untuk merapat ke TB Mega Daya 17 dan melaksanakan koordinasi dengan nahkoda kapal.

"Mereka tidak mau dievakuasi dikarenakan menunggu teknisi dari agen kapal untuk perbaikan. Kondisi Kapal TB Mega Daya 17 dalam keadaan aman dan seluruh ABK selamat," tutupnya.

Editor: Gokli