Pembukaan Pembekalan Mubaligh Se-Kepri

Nurdin Basirun dan UAS Tekankan Pentingnya Kerukunan Umat
Oleh : Charles Sitompul
Jum\'at | 01-02-2019 | 18:04 WIB
nurdin-uas.jpg
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur H Isdianto bersama Ustaz Abdul Somad. (Foto: Pemprov Kepri)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Wakil Gubernur H Isdianto bersama Ustaz Abdul Somad (UAS) secara resmi membuka acara pembekalan Mubaligh se-Provinsi Kepri di Aula Masjid Raya Nur Ilahi, Pulau Dompak Tanjungpinang, Jumat (1/2/2019) pagi.

Pada kesempatan itu, Nurdin menegaskan pentingnya kesatuan yang terjalin antar umat harus terus dijaga dan ditegakkan.

Sumbangsih untuk peningkatan perekonomian umat, pengetahuan dan pemahaman juga perlu untuk terus ditanamkan sehingga tumbuh mindset yang tepat, dalam menjalankan setiap usaha berbasis syariah.

"Insya Allah, dengan menguatnya perekonomian umat akan menghasilkan masyarakat yang sejahtera," kata Nurdin dalam sambutannya.

Nurdin mengaku yakin, dengan kedatangan Ustadz Somad sebagai pembicara pada acara itu, akan dapat memberikan tambahan pengetahuan dan menjadi bekal dalam menjalankan setiap usaha.

"Untuk itu kami meminta kepada masyarakat yang hadir,untuk benar-benar mendalami setiap apa yang di sampaikan Usatad UAS," kata Nurdin.

Melalui tausiyah yang diberikan, kata Nurdin menambahkan, semua orang akan dapat meraih ilmu yang bermanfaat, menanamankanya dan mejalankan dikehidupan masing-masing untuk membangun kehidupan yang lebih baik kedepan.

Sementara itu, perwakilan Direksi Bank Riau Kepri Syariah mengatakan, program pembekalan pengembangan Perbankan Syariah akan rutin dilakukan oleh pihak BRK Syariah, setiap dua kali dalam setahun yakni pada bulan Februari dan Agustus.

Tujuan program pengembangan perbankan syaria adalah untuk meningkatkan program literasi ekonomi syariah dan menumbuh kembangkan bisnis berprinsip syariah.

Dalam pembekalannya, UAS sapaan akrab Ustad Somad mengambil tema 'Dakwah Santun, Umat Bersatu dan Ekonomi Kuat' mengatakan, semua orang adalah juru dakwah dengan jalur yang berbeda-beda, Namun dengan satu tujuan yakni menuju kebaikan.

UAS mencontohkan bahwa dirinya berdakwah melalui tabligh dan ceramah untuk meluruskan umat, lalu pihak Kepolisian misalnya sosialisasi untuk pencegahan narkoba dan tertib berlalu lintas dan bank riau Kepri Syariah melalui pembekalan bisnis berprinsip syariah.

Kebersatuan juga menjadi sangat penting dalam menciptakan kerukunan umat, apalagi dalam membangun kekuatan dibidang ekonomi, menurut UAS perekonomian umat harus terus dikembangkan dan dikokohkan.

"Nilai-nilai islam harus turut diikut sertakan dalam pengelolaan perekonomian berbasis syariah. Program perbankan syaria ini merupakan instrumen yang sangat tepat," ujar UAS.

Pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Bank Riau Kepri Syariah bersama Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang yang mana disaksikan oleh Gubernur Nurdin, Wakil Gubernur Isdianto,Sekdaprov Arif dan Ustaz Somad.

Pada acara tersebut, juga hadir Sekretaris Daerah H TS.Arif Fadillah, Anggota DPD RI Dapli Kepri Hardi Hood,Ketua LAM Kepri H Abdul Razak, Kepala Kanwil Kemenag Tanjungpinang Erman Zaruddin, Ketua BP3KR Huzrin Hood, Sejumlah Kepala OPD beserta masyarakat tamu undangan lainnya.

Editor: Dardani