Asal Sesuai Kewenangan

Menhub Persilahkan Pemprov Kepri Eksekusi Penarikan Retribusi Labuh Jangkar
Oleh : Charles Sitompul
Jumat | 01-02-2019 | 10:04 WIB
din-budi.jpg
Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat berbincang soal sektor perhubungan di Kepri dengan Menhub Budi Karya Sumadi di Jakarta. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Pemerintah Pusat melalui Kementeriaan perhubungan sangat mendukung keinginan Provinsi Kepri dalam memajukan daerahnya dari sektor perhubungan.

Terakit dengan usulan pengelolaan labuh jangkar di bawah 12 Mil, sebagaimana yang diperjuangkan Pemerintah Provinsi Kepri, dipersilakan dieksekusi/dilaksanakan jika sesuai dengan kewenangan dan ketentuan yang berlaku.

"Ahamdulillah, sambutan Pak Menteri sangat baik. Selagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melancarkan aktivitas perekonomian, akan didukung," kata Nurdin usai melakukan pertemuan dengan Menteri Budi di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (31/1/2019).

Dalam pertemuan itu, kata Nurdin, Kementeriaan Perhubungan mengatakan, sejumlah usulan dan kegiatan yang direncanakan Provinsi Kepri di sektor kelautan akan menjadi perhatian pihak Kementerian untuk segera direalisasikan.

Terkait masalah labuh jangkar, Budi Karya Sumadi, kata Nurdin, akan mendukung selagi sesuai dengan ketentuaan dan wewenang Provinsi Kepri dipersilakan dieksekusi/dilaksanakan.

Pada pertemuan itu, mereka juga membahas rencana pembangunan pelabuhan terminal Karimun, Tanjungsauh dan Bandara Karimun. Kepadanya, Budi Karya berpesan dan menekankan agar dalam perencanaan pembangunan tersebut dibutuhkan Rrencana induk pelabuhan.

"Dukungan penuh ini kita harap semakin memajukan konektivitas di Kepri. Semoga ini semakin meningkatkan investasi ke Kepri," jelasnya.

Nurdin menambahkan, sebelumnya, pihaknya juga sudah bertemu dengan Menteri Budi untuk membahas proyek strategis berbagai pembangunan sektor perhubungan. Proyek-proyek strategis itu disetujui dan direspon positif Menteri Budi.

"Kita diminta terus berkoordinasi dengan Kementerian terkait lainnya," kata Nurdin.

Disetujuinya proyek strategis ini semakin membuat Nurdin optimis dengan pengembangan kelengkapan infrastruktur. Hal ini diharapkan semakin menegaskan konektivitas bagi Kepri sebagai daerah kepulauan.

Karena itu, di awal tahun ini, Nurdin terus berkoordinasi dengan Kementerian terkait tentang perkembangan pembangunan sektor ini. Karena menurut Nurdin, hal ini sangat penting untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di Kepri.

Editor: Gokli