Raih Perhargaan SAKIP 2018 Predikat BB

Syahrul Minta OPD Tetap Jaga Efisiensi dan Akuntabilitas Pelaporan Anggaran
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 29-01-2019 | 10:28 WIB
tpi-bb.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul saat menerima piagam penghargaan LHE-SAKIP 2018 dengan predikan BB dari Menteri PANRB, Syafruddin, di Hotel Trans Luxury, Bandung, Senin (28/1/2019). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali menerima penghargaan dengan nilai predikat BB atau sangat memuaskan, dari hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Piagam penghargaan SAKIP 2018 diterima langsung Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul dari Menteri Pendayagunaan, aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin, di Hotel Trans Luxury, Bandung, Senin (28/1/2019).

SAKIP adalah tolak ukur keberhasilan suatu instansi dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik, efektif dan efisien. Pada tahun 2018 ini, Pemko Tanjungpinang mendapatkan predikat BB berdasarkan hasil evaluasi terhadap Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018 yang dilakukan oleh pihak Kementerian PANRB.

Atas perolehan piagam SAKIP dengan predikat sangat memusakan tersebut, Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengungkapkan rasa syukurnya atas capaian yang diraih Pemko Tanjungpinang.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran aparatur pemerintah serta masyarakat Kota Tanjungpinang dengan harapan, seluruh OPD dapat bekerja lebih baik lagi. "Alhamdulillah, hasil penilaiannya masuk kategori BB, dari seluruh Indonesia kita termasuk sepuluh besar di wilayah Sumatera dan ke depan kita harus mempertahankan serta bersinergi antar OPD sehingga nilainya harus lebih baik lagi," ungkap Syahrul usai menerima pengharagaan.

Syahrul menambahkan jajaran Pemerintah Kota Tanjungpinang, harus terus melakukan upaya pembenahan, efisiensi dan transparansi dalam hal penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. "Saya akan mengumpulkan OPD untuk menjaga kekompakan dalam hal efisiensi penggunaan dan pelaporan terkait anggaran," ucapnya.

Atas prestasi ini, Syahrul kembali mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan jajaran OPD untuk bersama-sama bersatu padu dan saling memotivasi untuk meningkatkan capaian akuntabilitas kinerja dengan predikat A.

"Mudah-mudahan tahun depan, atas kerja keras kita bersama, Pemko Tanjungpinang bisa meraih penilaian predikat A," ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Syafruddin menjelaskan hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah berhasil mencegah potensi pemborosan anggaran yang nilainya mencapai triliunan Rupiah.

"Kalau tahun 2017 berhasil dihemat Rp46 triliun, tahun 2018 penghematan setidaknya mencapai angka Rp64,8 triliun pada 24 provinsi dan 216 kabupaten/kota," kata Syafruddin.

Sebagai pemuncak dari LHE-SAKIP tahun 2018 ini yang memperoleh predikat A adalah Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung yang memiliki pelaporan dan efisiensi yang terbaik untuk wilayah 1 Sumatera, Banten dan Jawa Barat.

Editor: Gokli