Pemprov Kepri Raih Penghargaan SAKIP 2018 dengan Predikat BB
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 28-01-2019 | 19:04 WIB
menpan-penghargaan.jpg
Kepri Raih Penghargaan SAKIP 2018. (foto: Charles).

BATAMTODAY.COM, Bandung - Pemerintah Provinsi Kepri kembali memperoleh piagam penghargaan dengan nilai BB hasil Evaluasi Sistim Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah I 2018.

Piagam pengharagaan diterima langsung oleh Gubernur Nurdin Basirun dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Syafrudin pada Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP di Hotel Trans Luxury Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Senin (28/1/2019).

Predikat BB atas penilaiaan MenPan-RB, diartikan sangat memuaskan terhadap kinerja pemerintah provinsi Kepri dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi alokasi anggaran dari setiap program pembangunan yang dilaksanakan hingga dapat dirasakan masyarakat.

Untuk Wilayah I, Kepri mendapat nilai BB bersama Sumbar dan Sumsel. Sementara predikat A diraih Jawa Barat, Aceh, Riau, Jambi, Babel. Sedangkan Provinsi Bengkulu dan Banten mendapat Predikat B dan Provinsi Sumut mendapat Predikat CC.

Atas perolehan SAKIP dengan predikat sangat memuaskan tersebut, Nurdin mengucapakan terimakasih kepada seluruh jajaranya di Pemerintah Provinsi Kepri, mulai dari Wagub, Sekda, Kepala Barenlitbang, Inspektorat dan seluruh OPD, atas kinerja yang maksimal sehingga memberikan hasil terbaik.

Penghargaan yang diraih kata Nurdin, hendaknya terus menjadi motivasi bagi aparatur pemerintah provinsi Kepri dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Predikat yang diraih saat ini, kita jadikan sebagai motivasi bekerja lebih baik, efektif dan efisien karena tantangan kedepan semakin berat," kata Nurdin.

Nurdin juga menekankan, pengelolaan anggaran APBD, harus tepat sasaran dan berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Khususnya pada bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, peningkatan kesejahteraan dan peningkatan pengetahuan keagamaan dan lainnya.

"Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Kepri yang turut membantu dalam doa dan mengawasi kinerja pemerintah," ujarnya.

Ia juga menekankan agar seluruh OPD di Provinsi Kepri, mengurangi kegiatan seremonial. Terlebih yang tidak memberikan dampak maupun hasil bagi masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris daerah Provinsi Kepri (Sekdaprov) Kepri TS Arif Fadillah, yang juga hadir pada penyerahan penghargaan mengucapakan syukur dengan predikat BB yang diraih provinsi Kepri. Predikat ini kata dia dapat diartikan sangat baik.

Arif juga mengatakan, predikat yang diraih merupakan yang kedua kalinya, yakni pada tahun 2017 dan 2018.

"Kita akan terus memperbaiki untuk meraih hasil lebih baik lagi dan memuaskan sesuai dengan visi dan misi Pemprov Kepri dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera," kata Arif.

Arif menambahkan, tujuan dari Apresiasi dan Evaluasi SAKIP yang dilakukan MenPan RB itu, untuk melihat sasaran kinerja yang dilaksanakan. Dalam artian program yang disusun, direncanakan, dimonitoring dan dievaluasi serta mengukurnya sesuai dengan anggaran pembiayaan serta hasil yang dicapai.

Hasil perolehan SAKIP ini juga diikuti oleh Kabupaten Kota yang ada di Kepri. Untuk Karimun, Natuna dan Kota Tanjungpinang, mendapat predikat BB. Bintan dan Kota Batam mendapat predikat B. Sedangkan Lingga dan Anambas mendapat peringkat CC.

Editor: Chandra