Pelaku Pembuang Bayi di Bukit Galang Diduga Sama dengan Pembuang Bayi Setahun Lalu
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 13-11-2018 | 14:16 WIB
bayi-kardus2.jpg
Bayi yang ditemukan warga di dalam kardus setelah menjalani perawatan medis di RSUP Raja Ahmad Thabib, Kota Tanjungpinang. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bayi laki-laki yang ditemukan dalam kardus di Kampung Bukit Galang II, Kelurahan Air Raja, Kecamatan Tanjungpinang Timur, Kota Tanjungpinang, diduga ada kemiripan dengan bayi perempuan yang juga ditemukan di tempat yang sama setahun lalu, Jumat (15/9/2017).

Kanit Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur, Iptu Ardian, mengatakan, jika dilihat dari tempat ditemukannya bayi malang itu, sama dengan temuan bayi setahun lalu. Modusnya juga sama-sama menggunakan kardus serta ditutupi kain, dan bayi tersebut masih memiliki tali pusar.

Ditambah lagi jika di lihat dari segi paras wajah antara bayi laki-laki ini dengan bayi perempuan mungil, yang sampai saat ini belum diketahui siapa orangtuanya, itu ada kemiripan.

"Dugaan kami, kalau dilihat wajah bayi laki-laki ini dengan wajah bayi perempuan mungil yang ditemukan di tempat yang sama memang ada kemiripan," ungkap Ardian, Selasa (13/11/2018), sambil memperlihatkan foto bayi perempuan yang ditemukan tahun lalu.

Menurutnya, dugaan sementara kenapa orangtua bayi ini dengan tega membuang bayinya adalah didasarkan karena hubungan gelap.

"Kalau suami istri pasti dirawat, tak mungkin dibuang. Tetapi kalau tidak mampu pasti mereka menyerahkan ke panti asuhan atau dinas sosial," ucapnya.

Ardian mengatakan, saat ini anggota unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur masih melakukan penyelidikan dan meminta keterangan bidan-bidan yang pernah membantu proses lahiran oleh seorang warga di sekitar tempat penemuan bayi.

"Tapi sampai saat ini hasilnya masih nihil. Tapi kami akan usut tuntas siapa orang tua yang tega buang bayi ini," tutupnya.

Editor: Yudha