Nurdin Ingin APBD 2019 Fokus untuk Program Prioritas dan Kepentingan Masyarakat Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 10-10-2018 | 09:28 WIB
tpad-kepri.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun saat memberikan arahan kepada TPAD. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur H Nurdin Basirun memerintahkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Kepri untuk menyusun program kegiatan APBD 2019, fokus pada kepentingan masyarakat.

Penyusunannya juga, kata Nurdin, harus efektif dan efisien dengan memperhatikan skala prioritas. "Penajaman kegiatan program skala prioritas untuk kepentingan masyararakat, perlu diutaman," kata Nurdin, usai memimpin pertemuan dengan TAPD di ruang kerjanya, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Selasa (9/10/2018).

Pada saat itu, Nurdin juga sempat menanyakan mengenai potensi penerimaan dan pendapatan daerah pada APBD 2019.

Atas pertanyaan itu, Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kepri, Reni Yusneli memaparkan, perhitungan sementara potensi penerimaan dan pendapatan 2019 sebesar Rp3,296 triliun.

Pada kesempatan tersebut Nurdin, mengingatkan agar gaji jangan sampai kurang, tidak hanya gaji ASN tetapi juga gaji guru non ASN. "Segera susun untuk kepentingan masyarakat," tegas Nurdin.

Sekdaprov Arif Fadillah menyampaikan, TAPD akan mengawal arahan Gubernur tentang efektifitas, efisiensi. Juga komitmen pada skala prioritas dan kepentingan masyarakat.

"Kita komit perencanaannya harus untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Arif.

Sementara itu, Kepala Barenglitbang, Naharuddin mengatakan, perencanaan pembangunan yang dilakukan memang fokus pada pembangunan infrastruktur dan investasi sumber daya manusia (SDM) seperti arahan Gubernur. Dengan prioritas efisien dan efektif ada skala prioritas pembangunan yang dilakukan.

"Seluruh arahan Gubernur menjadi perhatian dan pedoman bagi kita dalam menyusun program/kegiatan pembangunan tahun anggaran 2019 untuk kepentingan masyarakat Kepri," kata Nahar.

Rapat ini juga dihadiri Kepala Barenlitban Naharuddin MTP, Asisten Administrasi Umum Muhammad Hasbi, Asisten Ekonomi Pembangunan Syamsul Bahrum, Kepala BP2RD Reni Yusnelli dan Karo Pembangunan Aries Fhariandi.

Editor: Gokli