Syahrul Tegaskan Segera Evaluasi Kinerja Disdukcapil Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 09-10-2018 | 20:04 WIB
syah-aji.jpg
Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul saat menerima pengurus AJI Tanjungpinang. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul menegaskan akan segera mengevaluasi kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, yang banyak dikeluhkan masyarakat.

"Dalam waktu dekat, saya akan evaluasi kinerja Disdukcapil Tanjungpinang. Ini akan saya bahas dalam rapat OPD," ungkap Syahrul, Selasa (9/10/2018).

Dikatakan Syahrul, informasi mengenai keluhan masyarakat terhadap pelayanan Disdukcapil Tanjungpinang sudah didengarnya. Saat ini, keluhan tersebut ditampung dan kemudian jadi bahan evaluasi kinerja Disdukcapil.

"Keluhan masyarakat ini kami tampung dan jadi bahan evaluasi," ujarnya.

Masih kata Syahrul, sebelum evaluasi dilakukan, keluhan masyarakat terhadap kinerja OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang terlebih dahulu diinventarisir.

Sebelumnya, pelayanan dan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tanjungpinang kembali dikeluhkan masyarakat. Selain tidak berjalan sesuai SOP, prakter percaloaan dalam mempercepat pengurusan KTP serta KK hingga saat ini masih banyak dikeluhkan warga.

Bahkan, sejumlah warga Tanjungpinang yang ingin melamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), mengaku kesulitan mengurus vailidasi data Nomor Induk Kependudukanya (NIK) di Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

"Saya punya KTP dan KK Tanjugpinang, tetapi ketika saya minta validiasi dan konsolidasi data kependudukan saya sebagai salah satu syarat melamar CPNS, kata Disdukcapil tidak ada dan kata petugas terhapus," ujar Arum, salah seorang warga Tanjungpinang pada BATAMTODAY.COM Selasa (9/10/2018).

Editor: Gokli