Lokasi Tes CPNS Kepri Dibagi Lima Wilayah, Ini Lokasinya
Oleh : Ismail
Jumat | 05-10-2018 | 15:52 WIB
firdaus-pemprov13.jpg
Kepala Dinas Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepulauan Riau, Firdaus. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tahapan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 sudah dimulai sejak 26 September lalu. Bahkan, untuk pendaftarannya Badan Kepegawaian Nasional (BKN) telah memperpanjang batas waktu hingga 15 Oktober 2018.

Setelah tahapan pendaftaran, para pelamar yang dinyatakan lulus administrasi akan menjalani Tes Kompetensi Dasar (TKD) dengan mengganakan sistem Computer Assisted Tes (CAT).

Kepala Dinas Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepulauan Riau, Firdaus mengungkapkan, untuk wilayah Kepri rencananya tes CAT akan dilaksanakam di lima lokasi yakni di Kota Tanjungpinang bertempat di Aula Kantor Gubernur Pulau Dompak, Kantor UPT BKN di Batam, Karimun, Natuna, dan Anambas.

"Mereka (BKN, red) yang menentukan lokasi ujiannya," singkatnya, Jumat (5/10/2018).

Menurutnya, tes CPNS 2018 yang dilaksanakan sekarang ini secara langsung dikoordinir oleh pihak BKN. Mulai dari kewenangan menentukan tempat, waktu, hingga komputer yang digunakan untuk pelaksanaan CAT juga disiapkan oleh BKN.

Sementara, peran Pemprov Kepri hanya sebatas koordinasi menyediakan tempat dan segala sesuatunya di daerah.

"Kita dari Pemprov hanya koordinasi saja. Semuanya BKN yang mempersiapkan," katanya.

Kendati demikian, lanjut Firdaus, dirinya juga belum bisa memastikan secara detail jumlah komputer yang disedikan di tiap lokasi berlangsungnya tes CAT.

"Persisnya belum tahu, karena yang mengatur BKN. Tapi, kemarin kalau tidak salah Tanjungpinang sekitar 200 unit komputer, Batam sekitar 50, sementara Anambas dan Natuna belum tahu lagi berapa unit," ungkapnya.

Editor: Yudha