Pemda Dituntut Lakukan Inovasi Pelayanan Publik di Era Globalisasi
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 09-08-2018 | 09:04 WIB
sekda_kepri_daya_saing.jpg
Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) TS Arif Fadillah dalam acara Workshop Champion Innovation oleh Lembaga Administrasi Negara (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) TS Arif Fadillah mengatakan Era globalisasi saat ini Pemerintah Daerah (Pemda) dituntut untuk melakukan inovasi-inovasi dalam hal pelayanan publik. Hal ini dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

"Hal yang rumit akan menjadi lebih mudah dengan adanya inovasi. Dengan hadirnya inovasi akan berkorelasi positif dalam hal peningkatan pelayanan Publik dan peningkatan daya saing daerah," kata Arif saat membuka Workshop Champion Innovation oleh Lembaga Administrasi Negara di Ruang Rapat Lantai IV, Kantor Gubernur Kepulauan Riau, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (8/8/2018)

Arif menceritakan bahwa saat ini Pempro Kepri telah melakukan berbagi inovasi dengan menghadirkan berbagai aplikasi baik itu e-budgeting, e-planning dan berbagai aplikasi lain yang dikelola oleh Dinas Kominfo. Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah pemerintah dalam hal membaca perkembangan pemerintahan secara real time sehingga dapat dievaluasi secara langsung jika terjadi perlambatan dalam pembangunan.

Arif berharap aplikasi aplikasi lain akan segera lahir dari ASN Provinsi Kepri sehingga semua menjadi terintegrasi dan lebih mudah dalam hal penyelengaraan Pemerintahan.

"Ini adalah tanggungjawab kita bersama, inovasi harus terus diciptakan dan dilahirkan karena zaman semakin cepat berubah, jika kita tidak berubah dan masih bertindak dengan cara yang lama maka kita akan semakin tertinggal," kata Arif.

Kepada ASN Provinsi Kepri yang mengikuti Workshop Champion Innovation ini Arif berpesan agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dan memanfaatkan ilmu yang didapat sehingga menjadi kader penggerak inovasi yang bertekad memajukan Provinsi Kepulauan Riau.

"Bapak Ibu yang menjadi peserta pada Workshop ini haruslah berbangga diri karena setelah ini saudara akan menjadi Champion Innovation di OPD masing-masing," harap Arif.

Sementara itu Sudardi Kepala Pusat Inovasi Pelayanan Publik LAN dalam sambutannya mengatakan Workshop ini diperuntukkan untuk mempersiapkan kader penggerak inovasi, dibentuk untuk memfasilitasi sebuah kegiatan unggulan di bidang inovasi yang disebut laboratorium inovasi yang merupakan program fasilitasi inobasi yang akan membimbing setiap SKPD di Pemerintahan untuk menghasilkan dan menjalankan inovasi.

"Dengan pelaksanaan Workshop ini diharapkan setiap Organisasi Perangkat Daerah di Provinsi, Kabupaten/Kota dapat menciptakan setidaknya satu inovasi yang berkualitas," ucapnya.

Editor: Surya