Kajari Tanjungpinang, Lingga dan Karimun Resmi Dilantik
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 07-08-2018 | 12:40 WIB
pelantikan-kajari1.jpg
Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Kajari di Kepri. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri, Asri Agung Putra, resmi melantik Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjungpinang, Kajari Lingga, Kajari Karimun, Selasa (7/8/2018), di Aula Sasana Bahar udin Lopa Kejati Kepri.

Selain tiga jabaran Kajari, tiga pejabat tinggi di Kejati Kepri juga resmi di lantik. Serah terima jabatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Asri Agung Putra di Aula Sasana Bahar udin Lopa Kejati Kepri, Selasa(7/8/2018).

Ketiga pejabat kajari dan pejabat di Kejati Kepri yang dilanti, masing-masing Aheliya Abustam --yang sebelumnya menjabat kepala bagian penyusunan, program, laporan, dan penilaian pada sekretariat Kejagung RI-- sebagai Kajari Tanjungpinang.

Sementara Herry Ahmad Pribadi, yang sebelumnya menjabat Kajari Tanjungpinang, dipromosikan menjadi kepala subdirektorat upaya hukum luar biasa, eksekusi dan eksaminasi pelanggaran HAM berat jaksa agung muda bidang tindak pidana khusus Kejagung.

Kemudian Imang Job Marsudi --yang sebelumnya menjabat sebagai koordinator Kejati Nusa Tenggara Barat, dilantik sebagai Kajari Lingga. Untuk Puji Triasmoro, yang sebelumnya menjabat Kajari Lingga, dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kajari Grobogan.

Sementara jabatan Kajari Karimun diduduki Taufan Zakaria, yang sebelumnya menjabat Kajari Tanggamus, menggantikan almarhum Parningotan Bakara.

Selain itu, tiga pejabat tinggi di Kejati Kepri juga mendapatkan promosi jabatan, di antaranya Zulbhari yang menjabat Asisten Bidang Tindak Pidana Umum dimutasi dengan jabatan baru sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tanggerang. Zulbahri digantikan Arip Zahrulyani, yang sebelumnya menjabat Kajari Mandailing Natal.

Koordinator Kejati Kepri, Yuyun Wahyudi, dipromosikan dengan jabatan baru sebagai Kajari Donggala, dan digantikan oleh I G Punia Atmaja NR, yang sebelumnya merupakan jaksa fungsional pada Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejagung RI.

Kemudian Heni Wahyu Purwati, Asisten Pengawasan pada Kejati Kepri, dimutasi menjadi kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat Kejaksaan Agung. Heni digantikan oleh Jasmin Simanulang, yang sebelumnya menjabat Kajari Sidenreng Rappang.

Dalam sambutannya, Kajati Kepri Agung Asri Putra mengatakan pelaksanaan mutasi bukan hal biasa, karena di balik mutasi ini termasuk menciptakan kondisi yang lebih baik lagi. Mutasi, kata Asri, harus dimaknai agar menciptakan kondisi yang baik.

"Sejak pejabat-pejabat ini dilantik harus ditanamkan bahwa ada tugas dan tanggungjawab baru. Mari kita bersama membaca tentang ketentuan kerja dan tugas Kejaksaan RI, apa itu tugas masing-masing dan tanggung jawabnya," ujar Asri Agung.

Lebih lanjut, Asri menyampaikan kebijakan dan tugas-tugas yang selama berada di wilayah Kepri ini pihaknya berusaha memetakan kondisi masing-masing bidang secara detail peranannya. Kepada pejabat Aspidum yang baru Kepri memiliki spesifikasi tugas diantaranya wilayah Kepri merupakan lautan sehingga sangat marak tindakan kriminalitas di laut seperti peredaran narkoba dan lain sebagainya.

"Ada beberapa instansi aparat penegak hukum di laut mari saling bersinergi dan kuasai kondisi laut dan harus tunjukkan dan yang benar itu benar dan yang salah itu salah kita harus membuktikan kebenaran materil dan oleh karenanya tugas Aspidum tidak ringan. Kendalikan dengan cermat dan tangani secara sungguh-sungguh," tegasnya.

Sementara itu, untuk pejabat Aswas yang baru ditekankan ada dua pendekatan yang pertama harus bisa mencegah penyimpanan dan harus profesional pada kesempatan ini serta harus mengedepankan penguatan inteteigritas dan sarana prasarana sehingga tugas yang diemban tercapai.

"Untuk Kajari Tanjungpinang kalau dulu wilayahnya meliputi Bintan, secara wilayah semakin sempit tetapi Pinang ini adalah ibukota provinsi dan tugas di Pinang ini akan mewarnai Provinsi Kepri, tolong berkerja secara maksimal," katanya.

Di tempat yang sama, untuk pejabat Kajari Tanjungbalai Karimun yang baru tugas saudara sungguh berat selain menyarankan mendekatkan kepada pegawai di semua lini, pada Jaksa dan bidang-bidang lain. Serta dapat menguasai instansinya sehingga dapat mengemban tugas dengan baik.

"Tingkatkan pembinaan kepada pegawaian. Kepada pejabat lama kami mengucapkan terimakasih atas loyalitas dan kerjasama yang selama ini diberikan," tutupnya.

Editor: Yudha