Hadiri Coffee Morning Pemko Tanjungpinang

Dahlan Iskan Sarankan Pemko Tanjungpinang Lakukan Pembangunan dari Hal Paling Kecil
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 06-08-2018 | 19:52 WIB
dahlan-iskan1.jpg
Dahlan Iskan memberikan tips dan trik membangun Kota Tanjungpinang. (Humas Pemko Tanjungpinang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Mantan Menteri BUMN Prof. Dahlan Iskan menghadiri acara Coffee Morning Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Stakeholder Perekonomian yang mengupas tentang arah strategi pembangunan perekonomian jangka menengah Kota Tanjungpinang (2018-2023) di Aula Kantor Wali Kota Tanjungpinang, Senin (6/8/2018).

Dalam pertemuan tersebut, Dahlan memberikan pandangan dan motivasi kepada peserta kopi pagi. Hal yang disampaikan Dahlan berkaitan dengan pembangunan saat ini.

Menurut dia, untuk membangun Tanjungpinang harus fokus pada satu bidang dan dimulai dari hal kecil untuk melangkah. "Jangan bermimpi terlalu besar tetapi tidak berbuat," tambahnya.

Dahlan Iskan mengatakan untuk maju, pemerintah perlu mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat Kota Tanjungpinang. Hal yang paling mendasar, kata dia, yaitu anak pintar, rasa aman, dan lingkungan sehat.

"Untuk menjadikan anak pintar perlu pendidikan, jadikan sekolah bermutu yang memiliki standar mutu tersendiri. Lombakan sekolah tersebut apabila memenuhi standar, beri hadiah wifi gratis sehingga menjadi kota berteknologi dan mereka akan maju," katanya.

Dahlan juga menambahkan, lingkungan juga menjadi faktor pendorong untuk membangun sebuah kota yang karakteristiknya seperti Kota Tanjungpinang.

"Agar sehat, ciptakan lingkungan yang sehat juga. Lingkungan yang sehat itu harus bersih, rindang, dan indah. Semua itu dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat luas. Selanjutnya lakukan pengawasan," tutur Dahlan.

"Saya melihat di Jalan Batu Hitam sekitar Lantamal dapat dikembangkan untuk wilayah rindang, nyaman, dan indah. Kondisi ini dapat diterapkan pada ruas jalan lainnya di wilayah Kota Tanjungpinang. Bila sudah rindang dan bersih itu sudah pasti indah," tambahnya.

Dahlan juga menyampaikan sebuah kota yang baik itu adalah tidak macet, tidak banjir dan tidak ada lagi jalan berlubang. Dari tiga hal tersebut, Kota Tanjungpinang sudah digolongkan baik. Dewasa ini, kata dia, ketiga hal tersebut minim sekali ditemukan.

Selain itu juga, tambahnya, untuk menjadikan Tanjungpinang lebih baik, perlu dibuat kota baru seperti di kawasan Senggarang yang dimulai dari Jembatan Gugus sampai ke Kantor Wali Kota.

"Saya harap ini tidak dirusak dan dijaga, kota baru dikembangkan, setelah itu baru kota lama ditata kembali," tuturnya.

Mantan Menteri BUMN ini juga memfokuskan 3 objek wisata yang dapat dikembangkan seperti Pulau Penyengat, Gedung Gonggong dan Vihara. "Kalau ke Penyengat, menggunakan perahu atau pompong disuguhkan dengan corak menarik dan unik sehingga pengunjung merasa senang dan tertarik. Gedung Gonggong bisa dijadikan water front city dengan berbagai fasilitas yang sederhana dan menarik. Serta Vihara yang memiliki nilai historis, perlu ditata kembali agar memiliki nilai jual. Objek wisata yang dikembangkan harus memiliki nilai yang berkesan bagi pengunjung," ungkap dia.

Dahlan Iskan juga menyampaikan sinergitas antara pemerintah, pengusaha dan pelaku UMKM terus dibangun sehingga secara bersama-sama dapat membangun Kota Tanjungpinang lebih baik lagi.

"Pengusaha dan UMKM jangan terus-terusan mengeluh kepada pemerintah karena tidak memberikan pembinaan dan bantuan, justru pengusaha dan UMKM harus mengembangkan diri dan menangkap peluang. Pemerintah memiliki anggaran yang terbatas dan dibatasi oleh aturan yang harus dipatuhi. Semoga di Tanjungpinang dapat terbangun sinergitas antara pemerintah dan pengusaha untuk membangun Tanjungpinang yang cemerlang," tutupnya.

Editor: Gokli