Syahrul Ditunjuk Jadi Khatib Shalat Idul Adha di Pamedan
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 06-08-2018 | 19:40 WIB
kabag-kesra-ahadi.jpg
Asisten Pemerintahan dan Kemasyarakatan Pemko Tanjungpinang, Ahadi saat memimpin rapat persiapan Idul Adha. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang telah melakukan rapat pematangan kegiatan Idul Adha. Mulai dari kegiatan tahunan, pawai takbir keliling hingga shalat Idul Adha yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus mendatang.

Rapat yang dipimpin oleh Asisten Bidang Pemerintah dan Kemasyarakatan Pemko Tanjungpinang, Ahadi tersebut telah memutuskan pawai takbir akan dilakukan pada tanggal 21 Agustus mendatang. Sementara, Wali Kota Tanjungpinang terpilih, Syahrul diagendakan sebagai khatib Shalat Idul Adha di Lapangan Pamedan.

Ahadi mengatakan, Pemko Tanjungpinang akan menyelenggarakan sholat Idul Fitri di 2 tempat yaitu lapangan Pamedan Ahmad Yani dan lapangan Dewaruci. Syahrul akan menjadi khatib di Pamedan sedangkan di Dewaruci masih dalam pengusulan nama dari Kementerian Agama Kota Tanjungpinang.

"Jadi nanti shalat di Pamedan Pak Syahrul sebagai penceramah dan di Dewaruci masih menunggu pengusulan," terang Ahadi, Senin (6/8/2018).

Selain di dua tempat tersebut, pelaksanaan sholat Idul Adha juga dilaksanakan di seluruh masjid dan musholla di Kota Tanjungpinang dengan jadwal khatib akan dilakukan pengaturan oleh Kementerian Agama Kota Tanjungpinang.

"Bagi yang ingin ikut shalat di Pamedan dipersilahkan, hanya saja untuk menghindari desakan masyarakat, diharapkan datang lebih awal. Dan untuk panitia shalat Idul Adha, nanti jadwal penceramah akan diinfokan oleh Kemenag," tutur Ahadi.

Sementara itu, terkait hewan qurban, Pemko Tanjungpinang juga tengah mengumpulkan hewan dari sumbangan OPD serta pihak swasta. Bagi masjid dan surau yang belum memiliki hewan untuk diqurbankan, dapat mengajukan proposal ke Pemko Tanjungpinang.

"Ajukan ke Bagian Kesra," ujar Ahadi, mengakhiri.

Editor: Gokli