Cegah Stunting, Kepri Kembangkan Produk Penganan Bergizi Tinggi
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 31-07-2018 | 19:40 WIB
rapat-stunting.jpg
Wagub Kepri, Isdianto saat memimpin rapat persiapan 'Workshop Pemanfaatan Produk Kelautan dan Perikanan' dalam rangka pencegahan stunting dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kemaritiman. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri mengembangkan pemanfaatan produk kelautan dan perikanan sebagai produk makanan berasupan bergizi tinggi. Ini dilakukan, demi mencegah stunting atau permasalahan gizi kronis pada balita yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Wakil Gubernur Provinsi Kepri Isidanto mengatakan, pemanfaatan produk kelautan dan perikanan yang tersedia di Provinsi Kepri akan terus digalakan dalam mencegah kekurangan gizi pada balita.

"Kita dukung, apalagi project ini dikerjakan oleh putra daerah dengan sumberdaya daerah, yang kita harapkan akan memberi manfaat besar bagi pertumbuhan generasi bangsa yang sehat dan cerdas," kata Isdianto, saat memimpin rapat persiapan 'Workshop Pemanfaatan Produk Kelautan dan Perikanan' dalam rangka pencegahan stunting dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kemaritiman di Ruang Rapat Wagub Kepri, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (30/7/218).

Pemanfaatan produk kelautan dan perikanan ini, direncanakan akan menjadi pilot project di Indonesia, dalam meningkatkan produk makanan berasupan gizi serta mencegah terjadinya stunting pada balita.

Sebagaimana diketahui, stunting terjadi pada janin sejak masih dalam kandungan dan baru nampak saat anak berusia dua tahun, akibat kekurangan asupan gizi.

"Project ini sangat baik, apalagi semua bahan bakunya terdapat dan berasal dari Kepri. Semoga kegiatan ini mendapat nilai plus dari Pemerintah Pusat," kata Isdianto.

Workshop Pemanfaatan Produk Kelautan dan Perikanan dalam rangka pencegahan stunting dan pemberdayaan ekonomi masyarakat kemaritiman akan diselenggarakan di Bintan selama dua hari pada Rabu dan Kamis (1-2/8/2018) mendatang. Kemenko Maritim pun terlibat penuh dalam penyelenggaraannya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kepri, Edy Sofyan mengatakan, pihaknya menyambut baik dengan kegiatan ini karena dapat meningkatkan kesejahteraan para pegiat yang bergerak di bidang kelautan. Aktivitas ini nantinya akan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

Hadir juga dalam rapat tersebut Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana, Kadis Pertanian, Perkebuhan dan Kehutanan Ahmad Izhar, Kepala Biro Umum dan Perlengkapan Martin Maromon, Karo Ekonomi Heri Adrianto dan sejumlah pejabat eselon tiga dan empat.

Editor: Gokli