Jadi Dosen Tamu di Untag Surabaya, Nurdin Bicara Mengenai Daya Saing Daerah
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 29-07-2018 | 17:32 WIB
nurdin_untag.jpg
Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menjadi dosen tamu di Progam Doktor Ilmu Administrasi Universtas 17 Agustus 1945 Surabaya

BATAMTODAY.COM, Surabaya -Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun menjadi dosen tamu di Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya, Sabtu (28/7/2018). Nurdin memberikan kuliah kepada mahasiswa Program Doktor Ilmu Administrasi Untag dengan materi mengenai daya saing daerah agar tidak tertinggal dengan daerah lain.

Kepada Mahasiswa Doktoral pada kuliah dengan tema "Pelaksanaan otonomi daerah untuk meningkatkan daya saing daerah dan nasional" itu, Nurdin Basirun mengatakan, bahwa semua element, berperan penting dalam membangun daerah. Dan sebagai negara berkembang saat ini, tidak lagi dituntut untuk bersiap tetapi juga harus bergerak mengejar ketertinggalan.

Nurdin mencontohkan Provinsi Kepri sebagai garda terdepan dan daerah yang berciri Kepulauan, merupakan ladang untuk memanfaatkan kesempatan yang ada.

"Banyak yang harus kita benahi, dan harus dipertahankan dan tingkatkan dalam membangkitkan daya saing daerah,"kata Nurdin saat menjadi tamu dan narasumber dalam kuliah tamu di Gedung Graha Wiyata Lt.1 Kampus, Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Surabaya, Jl. Semolowaru, Surabaya, Jawa Tegah, Sabtu (28/7/2018).

Sebagai daerah Kepulauan, jelasnya, infrastruktur merupakan pembangunan yang sangat dibutuhkan, dalam menjalin konektivitas antar pulau. Dengan terkoneksinya antar pulau di daerah, maka segala proses kegiatan pembangunan akan berjalan lancar.

Disektor indeks pembangunan manusia, Nurdin mengayakan, merupakan elemen yang sangat penting ditingkatkan, karena menurutnya, keberadaan sumber daya alam yang melimpah, akan percuma, jika sumber daya manusia tidak sejalan kekuatannya.

Sektor kesehatan, ujarnya lagi, juga merupakan hal yang sangat penting yang bertujuan menjaga dan menumbuhkembangkan para generasi muda yang sehat, dan disejalankan dengan sektor pendidikan.

"Bekal teori amatlah penting dalam menghadapi kehidupan Tetapai sektor keagamaan juga sangat diharuskan untuk terus di bina dan ditingkatkan, sebagai pedoman menjalani kehidupan dalam menghadapi era modernisasi,"ujarnya.

Tujuan akhir dari semuanya itu, Tambah Nurdin, adalah bagaimana daya saing yang telah dibangkitkan itu dapat menjadi penentu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempetan itu, Nurdin juga menceritakan kisahnya saat sedang belajar meraih gelar Doktor nya yang mana dari kisahnya tersebut Nurdin mengajak kepada seluruh mahasiswa agar dapat terus semangat dalam meninmba ilmu.

"Pengalaman dalam belajar itulah yang menjadikan kita lebih percaya diri dan bertanggungjawab atas ilmu yang telah kita dapat, Gagasan-gagasan para mahasiswa inilah yang berguna bagi peningkatan daya saing daerah,"ujar Nurdin.

Terakhir Nurdin menutup paparannya dengan mengatakan bahwa dari semua teori yang didapat saat kuliah, merupakan bekal penting dalam mendukung dan menghadapi dinamika dilapangan.

Sementara itu Dekan Fisip UNTAG Endo Cahyono MM menyampaikan rasa terimakasih atas kesediaan Gubernur Nurdin menjadi nara sumber pada kuliah tamu hari ini.

"Ini merupakan salah satu agenda dalam program doktor dalam upaya meningkatkan akreditasi,"ujar Endo.

Endo melanjutkan, tujuan kuliah tamu ini juga agar para mahasiswa mendapatkan masukan dan bahan terkait perkembangan pembangunan dan ikut serta dalam pembangunan tersebut.

"Tema ini penting kita bahas ditengah geliat pembangunan Indonesia maka daerah dituntut untuk berdaya saing,"lanjut Endo.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Staf Ahli Gubernur Syamsuardi, sejumlah Kepala OPD Kepri, Kaprodi Pasca Sarjana UNTAG Prof. Dr. Rudy Handoko beserta mahasiswa-mahasiswi program Doktor Ilmu Administrasi.

Editor: Surya