Rapat OPD Provinsi Kepri

Nurdin Evaluasi Progress Serapan dan Kegiatan Anggaran APBD Kepri
Oleh : Redaksi
Senin | 09-07-2018 | 16:53 WIB
rapat-opd-kepri1.jpg
Gubernur pimpin rapat OPD Kepri. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang -Evaluasi serapan dan progress pelaksanaan anggaran APBD, Gubernur Kepri Nurdin Basirun meminta seluruh kepala OPD untuk tetap fokus menjalankan setiap kegiatan pagu anggaran yang telah ditentukan.

"Apalagi mengingat waktu sudah memasuki pertengahan tahun, perlu diperhatikan hal-hal sekecil yang dapat mempengaruhi proses kegiatan, hingga tidak sampai menghambat pekerjaan dan harus teliti," ujar Nurdin saat memimpin rapat rutin OPD di Rupatama Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Senin (9/7/2018).

Nurdin menambahkan, ketelitian dalam melaksanakan kegiatan anggaran akan bermuara pada skala priortas dan penyerapan anggaran, hingga anggaran tidak sampai terbuang atau defisit.

"Kegiatan Skala prioritas perlu diutamakan untuk kesejahteraan masyarakat dan pembangunan tidak melenceng dari priorotas yang telah direncanakan," lanjut Nurdin.

Pertumbuhan Ekonomi Kepri juga menjadi perhatian Nurdin pada rapat kali ini, dengan pertumuhan ekonomi yang mencapai 4,7 persen, dikatakan Nurdin masih ada waktu untuk terus meningkatkan itu.

Berbagai sektor juga dikatakan Nurdin berperan penting untuk meningkatkan perekonomian Kepri. Salah satunya sektor pariwisata yang menjadi primadona bagi daerah kepulauan. Peran pelaku usaha juga menjadi apresiasi Nurdin karena ikut membantu meningkatkan dan menjual sektor ini.

Sektor bagi hasil labuh kapal juga menjadi perhatian Nurdin. Dirinya meminta kepada OPD terkait untuk terus memantau hal itu karna juga brrkaitan dengan pendapatan daerah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah menghimbau kepada seluruh OPD untuk terus memantau pekerjaannya. "Terus kita maping karna untuk persiapan tahun 2019 untuk efisiensi waktu,"ujar Arif.

Kabiro Pembangunan, Aries Fhariandi pada rapat dalam rapat melaporkan, progres penyerapan anggaran dan fisik pengerjaan selama semester pertama.

"Penyerapan anggaran secara signifikan terus terjadi dan secara komulatif terus beranjak naik dan kegiatan fisik pun mulai menampakan hasil," ujar Aries tanpa menyebut persentase progresnya.

Editor: Yudha