FPHP Temui Ariza Perjuangkan Kesetaraan Hak Tuna Rungu
Oleh : Habibi
Rabu | 04-07-2018 | 08:40 WIB
tuli_tuna_rungu.jpg
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Forum Peduli Hambatan Pendengaran (FPHP), Dwi Vita Lestari menemui Penjabat Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza, Selasa (3/7/2018). Agenda FPHP menemui Ariza tersebut adalah ingin meminta peran aktif pemerintah dalam menyediakan kesetaraan hak, memerhatikan kesejahteraan warga tuna rungu, juga pendidikan dan pekerjaannya.

"Karena belum familiarnya masyarakat di sini akan kalangan tuna rungu, kami lantas membentuk forum ini untuk menyatukan kepedulian terhadap mereka yang memiliki hambatan dalam pendengaran," kata Vita.

Beruntung, kedatangan Vita tersebut labgsubg diterima oleh Raja Ariza. Bahkan, Ariza mengatakan akan mengukuhkan forum yang Vita bentuk tersebut pada bulan depan, agar mendapat pengakuan secara legal.

Menurut Vita, forum yang dibentuknya mampu memberikan informasi yang dibutuhkan para penyandang tuna rungu. Sehingga mampu mandiri dalam kesehariannya. Juga kepada para orang tua yang memiliki anak tuna rungu.

“Bagi kalangan orang tua kedepannya akan kami selenggarakan seminar parenting. Sehingga tetap mampu memberikan pengasuhan terbaik kepada si buah hatinya," sambung Vita.

Forum tersebut, lanjutnya, tidak hanya menyasar kepada kalangan tuli dan keluarganya semata. Bagi warga yang peduli terhadap tuna rungu, juga dapat bergabung dalam forum tersebut.

"Kami ingin masyarakat akhirnya dapat menerima mereka yang memiliki hambatan pendengaran, sehingga mereka juga diperlakukan sama baik di dunia pendidikan maupun kerja," pungkas Vita.

Raja Ariza sendiri mengaku sangat antusias dan berterimakasih. Dengan adanya forum tersebut, penyandang disabilitas, khususnya tuna rungu mendapatkan ruang untuk memperoleh informasi. Selain itu, dia berharap forum ini juga kedepan dapat menjadi jembatan bagi penyandang tuna rungu untuk berkreasi dan berinovasi.

"Forum ini sangat positif, kita harap dapat menjadi jembatan bagi penyandang tuna rungu untuk berkreasi dan berinovasi guna memajukan kota Tanjungpinang," kata Ariza.

Editor: Surya