Basarnas Siap Bantu Pencarian Korban Kapal Tenggelam di Perairan Malaysia
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 03-07-2018 | 19:16 WIB
tpi-basarnas.jpg
Basarnas Tanjungpinang koordinasi dengan MRCC Johor terkait pencarian korban kapal tenggelam di Perairan Malaysia. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Kelas A Tanjungpinang siap membantu pencarian korban kapal yang tenggelam sekitar 8 NM dari bibir Pantai Punggai Johor Malaysia yang terjadi pada Senin (2/7/2018) lalu.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Budi Cahyadi melalui Kasi Ops Eko Surprianto mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan dari MRCC Johor ada sebuah kapal yang mengangkut 44 penumpang WNI.

"Kami menerima laporan ada sebuah kapal jenis boat pancung yang tidak memiliki nama tenggelam di perairan sekitar 8 NM dari bibir Pantai Pungli Johor Malaysia," ujar Eko, Selasa (3/7/2018).

Namun karenakan kejadiaannya di Johor Malaysia, pihaknya hanya berkoordinasi dengan pihak MRCC Johor, untuk perkembangan pencarian sisa korban. Sampai saat ini, asal usul kapal dan apakah melintasi Perairan Kepri juga belum diketahui.

"Dikarenakan kejadiaannya di Perairan Malaysia kita hanya sebatas koordinasi. Namun apabila diperlukan kami siap membantu," katanya.

Berdasarkan laporan dari Malaysia, perkembangan pencarian hingga hari ini telah berhasil mengevakuasi korban sebanyak 26 orang, dengan rincian 25 orang selamat, dan 1 orang meninggal.

"Dengan rincian 24 laki dan 1 wanita, Masih ada 16 orang lagi dalam pencarian," ucapnya.

Pihaknya juga sudah memberikan imbaun kepada kapal-kapal yang berlayar di Perairan Kepri apabila menemukan korban mohon untuk memberi laporan ke VTS (Vessel traffic service) dan Basarnas terdekat.

"Jika menemukan korban segera dilapor ke VST atau Basarnas terdekat," tutupnya.

Editor: Gokli