Pengamanan Mudik Lebaran, Lantamal IV Tanjungpinang Terjunkan 8 Kapal
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 11-06-2018 | 14:56 WIB
lantamal-iv-sinaga1.jpg
Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Horas Wijaya Sinaga. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lantamal IV Tanjungpinang terjunkan 8 kapal untuk pengawasan dan pengamanan mudik lebaran di wilayah Perairan Provinsi Kepulauan Riau.

Komandan Satuan Kapal Patroli (Dansatrol) Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang, Kolonel Laut (P) Horas Wijaya Sinaga mengatakan pihaknya siaga serta melakukan pengamanan dan pengawasan pada saat mudik lebaran. "Kami tetap siaga dan standby pada saat mudik lebaran tahun ini," ujar Horas, Senin (11/6/2018).

Lantamal IV Tanjungpinang menyiapkan 4 kapal di Tanjungpinang dan juga 4 kapal di Mentigi Tanjunguban yang secara bergantian untuk berpatroli pengamanan dan pengawasan mudik lebaran.

"Ada 4 kapal Angkatan Laut dan 4 Bakamla seperti kapal yang kecil-kecil di pelabuhan tadi," katanya.

Dalam pelaksanan mudik lebaran, pihaknya siaga 24 jam dalam melakukan pengawasan dan pengamanan untuk setiap harinya baik di Perairan Tanjungpinang, Kijang, Tanjunguban dan sekitar Perairan Batam.

Menurutnya, pengawasan dan pengamanan bukan hanya pada saat lebaran saja tetapi setiap hari, pihaknya melakukan patroli rutin di wilayah perairan laut Kepri.

"Sampai saat ini aman terkendali, hanya saja pada saat lebaran ini ada penambahan arus mudik satu persen dibandingkan tahun kemarin," ungkapnya.

Sementara itu untuk ancaman penyelundupan dari luar negeri di Selat Philips sendiri, sampai saat ini masih relatif aman.

"Kita ada gelar operasi di Perairan Selat Singapore dan Selat Philip, jadi masih aman terkendali," tutupnya.

Editor: Yudha