Negatif Narkotika

BNN dan Polisi Cek Urine Crew Sriwijawa Air dan Wings Air di Bandara RHF Tanjungpinang
Oleh : Roland Aritonang
Jum\'at | 08-06-2018 | 10:52 WIB
tes-urine-rhf.jpg
Pemeriksaan urine crew pesawat Sriwijaya Air dan Wings Air di Bandara RHF Tanjungpinang. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Badan Narkotika Nasional (BNN) Tanjungpinang dan Sat Resnarkoba Polres Tanjungpinang melakukan tes urine kepada seluruh crew pesawat di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (8/6/2018) pukul 06.30 WIB.

Kepala Kantor BNN Tanjungpiang, Abdul Hasyim Panggabean mengatakan, tes urine itu dalam rangka mengamankan arus mudik lebaran, pihaknya bersama Polri sehingga menyakinkan calon penumpang mudik lebaran, supaya tidak ada keraguan terhadap awak pesawat apakah menggunakan narkoba atau tidak.

"Kami melaksanakam tes urine agar masyarakat tidak ragu untuk melaksanakan mudik lebaran," ujar Hasyim.

Kegiatan ini tidak dilakukan setiap hari, tetapi dilakukan secara acak dan kapan dianggap perlu akan dilaksanakan. Pagi tadi, ada dua maskapai penerbangan yang dilakukan cek urine kepada seluruh awak pesawat di antaranya Pesawat Sriwijaya Air dan Wings Air.

"Kami telah memeriksa urine Pilot, Kopilot, 3 pramugari dan satu pramugara untuk pesawat Sriwijaya Air, sedangkan untuk pesawat Wings Air satu Pilot, Kopilot dan dua pramugari," paparnya.

"Hasil tes urine diketahui seluruh awak pesawat negatif," tegasnya. "Yang lain kami akan menunggu waktu penerbangan."

Menurutnya, tidak hanya di Bandara RHF Tanjungpinang saja, tetapi pihaknya bersama Sat Resnarkoba Polres Tanjungpinang juga melakukan tes urine kepada seluruh awak kapal di Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang.

Di tempat yang sama, Pilot Wing Air, Ari Hendro mengatakan pihaknya berterimakasih kepada BNN dan aparat kepolisian sehingga dia bisa juga tahu tidak ada narkoba di tubuhnya dan dengan begitu melaksanakan pekerjaan pastinya secara profesional.

"Pengecekan urine kepada kami juga sering dilakukan sebelumnya tidak di sini saja," kata Ari.

Editor: Gokli