Gubernur Kepri Raih Penghargaan Top Pembina BUMD 2018
Oleh : Irawan
Jum\'at | 04-05-2018 | 09:04 WIB
top_pembina_bumd.jpg
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri Syamsul Bahrum bersama jajaran Direksi Bank Riau Kepri (Foto: Irawan)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Nurdin Basirun mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2018 dalam ajang Penghargaan Top BUMD Award 2018 di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (3/5/2018) petang. Pada 2017 lalu, Gubernur Kepri juga mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD 2017.

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Namun, Nurdin berhalangan hadir dan penerimaan penghargaan diwakilkan kepada Syamsul Bahrum Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri yang juga Plt PDAM Tirta Kepri. Gubernur Kepri Nurdin Basirun berhalangan hadir karena tengah dikukuhkan sebagai Gelar Datuk Sri Amanah dari LAM Kepri.

Pada kesempatan ini Mendagri, Tjahyo Kumolo mengaku bangga dengan pelaksanaan Top BUMD yang ketiga kalinya dilaksanakan. Pelaksanaan Top BUMD dinilai sebagai ajang bergengsi sekaligus memberi rangsangan bagi BUMD lainnya yang ada di Indonesia.

"Panitia tidak hanya memberikan penghargaan saja tetapi juga masukan-masukan agar BUMD bisa tumbuh dan berkembang karena peranan dan fungsi BUMD jelas memberikan peningkatan perekonomian dan pemerataan pendapatan serta mengemban fungsi pemda dalam memberikan pelayanan umum kepada masyarakat," kata Tjahjo Kumolo.

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Provinsi Kepri yang juga Plt PDAM Tirta Kepri, Syamsul Bahrum mengatakan, salah satu keberhasilan Gubernur Kepri Nurdin Basirun sebagai Top Pembina 2018 adalah berhasil menjalin komunikasi dengan para kepala daerah yang menjadi pemegang saham di Bank Riau Kepri.

"Sebagai pemegang saham mayoritas, gubetnur selalu hadir di RUPS dan berkomunikasi dalam mengembangkan Bank Riau Kepri. Salah satunya adalah pengembangan Bank Syariah Riau Kepri di Tanjungpinang," kata Syamsul.

Selain itu, kata Syamsul, masih banyak BUMD-BUMD di Kepri yang secara manajerial juga menujukkan keberhasilan ketika dibina oleh Gubernur Kepri Nurdin Basiriun, antara lain PDAM Tirta Kepri, PT Pembangunan Kepri, PT Pelabuhan Kepri dan lain-lain.

"Pak Gubernur tidak bisa hadir menerima penghargaan ini, mewakilkan ke saya karena beliau tengah dikukuhkan sebagai Datuk Sri Amanah oleh LAM Kepri. Beliau minta maaf tidak bisa hadir," katanya.

Penghargaan Top Pembinan BUMD 2018 juga diberikan kepada para kepada kepala daerah lain, baik gubernur, bupati dan walikota. Penghargaan ini juga diberikan kepada ratusan BUMD di seluruh Indonesia berdasarkan Kategori Top Sektor Bisnis yaitu Bank Daerah, BPR & BPRS, PDAM, Pasar, Jamkrida, Aneka Usaha, Kategori Khusus, Kategori Improvement, Kategori Best of The Best BUMD, Kategori Top CEO BUMD dan Kategori Top Pembina BUMD.

Editor: Surya