Pemprov Kepri Segera Salurkan 1.700 Unit Komputer untuk SMA
Oleh : Redaksi
Kamis | 03-05-2018 | 12:52 WIB
komputer-il.jpg
Ilustrasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kepulauan Riau akan memberi bantuan komputer untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) yang sudah memiliki jaringan internet.

Kepala Dinas Pendidikan Kepri, Arifin Nasir mengatakan, sejak tahun 2017 pemerintah sudah merencanakan pengadaan ribuan komputer.

"Rencananya dari tahun 2017-2019 kita bantu 10 ribu unit komputer. Baru tahun ini terealisasi 1.700 unit dari 4 ribu unit yang ditargetkan. Ya, pengadaan komputer disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran," katanya, Rabu (2/5/2018), demikian dilansir laman resmi Diskominfo Kepri (kominfo.kepriprov.go.id).

Arifin mengemukakan, pengadaan ribuan unit komputer paling banyak dirasakan manfaatnya oleh SMA yang berada di pulau-pulau. Namun syaratnya, sekolah tersebut dapat mengakses internet.

"Paling banyak diberikan kepada pihak SMA di daerah perbatasan yang mendapatkan akses internet. Sebab di perkotaan hanya menambah saja. Kan, sudah banyak komputernya," ujarnya.

Ia mengatakan, Gubernur Kepri Nurdin Basirun memerintahkan bantuan komputer itu harus cepat direalisasikan sehingga dapat dimanfaatkan oleh pihak sekolah untuk peningkatan fasilitas pendidikan.

"Kami sudah mendata seluruh kebutuhan komputer di sekolah," katanya.

Ia mengatakan, bantuan komputer itu untuk menunjang pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer. Namun pihak sekolah dapat mempergunakan komputer tersebut untuk kegiatan lainnya yang menunjang pembelajaran.

"Harus dimanfaatkan secara maksimal, kemudian dirawat sehingga tahan lama," ucapnya.

Editor: Gokli