Makan Bersama Sambil Lesehan, Cara Rutan Tanjungpinang Pererat Tali Persaudaraan
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 28-04-2018 | 10:52 WIB
makan-lesehan.jpg
Pegawai dan warga binaan di Lapas Kelas IA Tanjungpinang saat makan bersama denga cara lesehan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IA Tanjungpinang memiliki cara yang sangat menarik untuk mempererat tali persaudaraan dan kekeluargaan antara pegawai dengan warga binaan.

Cara unik itu, yakni makan bersama sambil duduk lesehan, yang digelar sempena Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-54, Jumat (28/4/2018) sore.

Jika sebelumnya dilakukan apel bersama ataupun dengan hiburan, tetapi dengan makan bersama dengan cara lesehan di tengah lapangan Rutan inilah hal tersendiri yang dilakukan Rutan Kelas IA Tanjungpinang.

Makanan yang disajikan di atas daun pisang dengan beragam menu tradisional menjadi santapan para pimpinan di Rutan, pegawai, warga binaan dan para undangan lainnya. Ini terlihat sangat unik dan berbeda dengan sebelumnya.

"Kami memang sengaja membuatnya, supaya antara petugas dan warga binaan muncul rasa kekeluargaan," ujar Dedi Handoko, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwilkumham Kepri, usai menghadiri acara di Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Jumat (28/4/2018) sore.

Menurutnya, cara seperti ini merupakan cara yang sangat manjur dan sangat penting untuk menjalin serta mempererat kekeluargaan antara petugas maupun warga binaan.

"Dengan seperti ini kami dapat melihat di dalam Rutan ini ada bagian keluarga besar," ucapnya.

Senada, Kepala Rutan Kelas IA Tanjungpinang, Ronny Widyatmoko mengatakan, sampai saat ini upaya yang dilakukan untuk menciptakan rasa memiliki dan kekeluargaan antara petugas dengan warga binaan selalu diciptakan dengan baik.

"Di sini kita adalah keluarga besar. Dengan keluarga besar, artinya semua yang ada di sini harus saling menjaga," kata Ronny, dalam sambutannya.

Sebelum menyantap makanan, seluruh petugas dan warga binaan mendengar pengumuman juara perlombaan yang merupakan rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan. Antaralain lomba catur, menyanyi, dan pertandingan lomba voly antar warga binaan, yang diikuti oleh 338 orang.

Editor: Gokli