Nurdin Paparkan Keunggulan Investasi di KEK Tanjungsau kepada Investor China
Oleh : Charles Sitompul
Minggu | 22-04-2018 | 15:04 WIB
Nurdin_ketemu_china.jpg
Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menerima Wakil Direktur China State Construction Port Enginering Corp (CSCEC) Yuan Cen

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Lakukan pertemuan dengan Wakil Direktur China State Construction Port Enginering Corp (CSCEC) Yuan Cen, Nurdin Basirun paparkan keuanggulan dan kemudahan berimpestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjungsauh.

"Silakan berinvestasi, Jangan mengharap kerja dengan anggaran dari APBD,"kata Nurdin saat makan siang bersama dengan Wakil Direktur China State Construction Port Enginering Corp (CSCEC) Yuan Cen, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Sabtu (21/4/218).

Nurdin Basirun juga menegaskan, proyek-proyek strategis yang disetujui Presiden Joko Widodo semuanya murni investasi. Investasi-investasi itu akan mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi dan membuka banyak lapangan kerja.

Pertemuan dengan Yuan Cen itu juga membahas pembangunan pelabuhan peti kemas di Tanjungsauh. Pulau ini dalam proses menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Semua persyaratan sudah hampir terpenuhi. Termasuk investor yang menyatakan komitmennya untuk berinvestasi di Tanjungsauh.

CSCEC sendiri sudah berinvestasi di KEK Galang Batang, Bintan. Mereka sudah membangun pelabuhan di PT.Bintan Alumina Indonesia.

Menurut Nurdin, komitmen-komitmen sejumlah investor untuk membangun kawasan strategis saat ini memang terus ditindak lanjuti. Termasuk mempercepat regulasi sehingga sejumlah daerah di Kepri menjadi tujuan investasi.

Sejak Februari lalu, sejumlah proyek strategis mendapat restu Presiden Jokowi agar secepat berjalan. Proyek-proyek itu adalah Pembangunan Jembatan Batam Bintan, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Sauh, KEK Galang Batang, KEK Pulau Asam, Pengembangan Pelabuhan Batu Ampar, Pengembangan dan Modernisasi Bandara Hang Nadim dan Pembangunan Batam LRT (Light Rapit Transit).

Menurut Nurdin, KEK Tanjungsauh menawarkan regulasi yang menarik banyak minat investor. Karena itu dia menggesa agar hal ini segera terwujud.

Posisi Tanjungsauh yang sangat strategis di jalur pelayaran dunia dan bersilangan di segitiga Indonesia Singapura dan Malaysia, kata Nurdin harus memberi manfaat besar bagi pertumbuhan ekonomi negeri ini. Posisi strategis itu, tambah Nurdin, harus dimaksimalkan bagi kemakmuran rakyat. "Biar Kepri semakin maju dan rakyatnya semakin sejahtera,"kata Nurdin.

Editor: Surya