Begini Penjelasan Lengkap dari Pengelola Joyo Resort soal Perubahan Nama Pulau Suka
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 12-04-2018 | 16:40 WIB
joyo-resort1.jpg
Hendra Suhardi, Direktur PT. Riau Island Development yang merupakan pengelola Joyo Resort di Desa Numbing Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir). (Foto: Charles)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Hendra Suhardi, Direktur PT. Riau Island Development yang merupakan pengelola Joyo Resort di Desa Numbing Kecamatan Bintan Pesisir (Binsir) Bintan Provinsi Kepri akhirnya merubah nama Pulau Joyo menjadi Joyo Resort At Pulau Suka in Riau Island of Indonesia.

Ditemui di Tanjungpinang, Hendra mengatakan tidak ada niat pihaknya mau merubah nama pulau tersebut secara sengaja. Hanya pada saat pihaknya membuka usaha resort di kawasan pulau itu dengan nama 'Suka' banyak yang mengatakan jika nama itu tidak bagus.

"Waktu itu ada warga Inggris yang datang dan melihat langsung. Karena dia melihat keindahan resort itu dari website. Dan saat berkunjung, dia mengatakan tempatnya sangat bagus, tapi namanya kurang bagus," ujar Hendra mengusahkan pergantian nama pulau tersebut.

Menurut tamu yang datang itu, tambah Hendra, arti kata 'Suka' bagi orang luar adalah 'Muntah' sehingga nama resort di Bintan itu dirubah menjadi Joyo Resort.

"Nah, Karena orang-orang sering menyebut nama Joyo Resort sebagai tempat usaha kami ini, maka orang menyebut pulau itu pulau Joyo," kata Hendra.

Hendra juga mengaku tidak mengetahui, jika mengganti dan merubah nama pulau secara tidak disengaja itu, menjadi sebuah permasalahan.

"Atas kejadiaan ini, saya juga sudah ditegur oleh pemerintah. Dan oleh karena itu nama usaha cotagge dan restoran kami yang ada di Pulau Suka, kami rubah menjadi Joyo Resort at Pulau Suka In the Riau Isaland Of Indonesia," ujarnya.

Joyo sendiri, tambah Hendra berasal dari bahasa Jawa yang artinya "jaya". Nama-nama tersebut dibuat atas inspirasinya terhadap budaya Jawa, ketika dirinya sempat kuliah di salah satu Universitas di Yogyakarta.

"Tidak ada niat kami untuk sengaja merubah nama Pulau Suka menjadi Pulau Joyo. Pulau Joyo adalah nama resort. Jika ada pihak yang terganggu dan diarugikan, kami minta maaf," ujar Hendra.

Saat ini tambah Hendra, untuk meluruskan permasalahan tersebut pihaknya telah mengganti nama Pulau Joyo menjadi Pulau Suka di sejumlah web pemasaran yang mereka kelola.

"Saya memang sudah meminta untuk diubah. Sudah sejak beberapa hari lalu. Semua terkait Pulau Joyo yang semestinya Pulau Suka saya minta diperbaiki. Cuma untuk dimaklumi, ini butuh waktu. Ini (perbaikan), akan terus kami lakukan," tandasnya.

Penegasan Pulau Suka di website pemasaran ini memang nampak di sejumlah situs. Salah satunya www.joyoresort.com, situs resmi pemasaran Pulau Joyo Resort. Di situs yang sebelumnya hanya menerakan Pulau Joyo Resort, telah berubah menjadi Pulau Joyo Resort at Pulau Suka. Demikian pula dengan alamatnya.

Selain di situs resmi Pulau Joyo Resort, Google Map yang sebelumnya mencantumkan Pulau Joyo untuk Pulau Suka, kini telah berubah menjadi Joyo Resort.

Selain itu, Hendra menerangkan jika tamu yang datang atau menginap di Pulau Joyo Resort tidak langsung ke pulau, melainkan melewati Pelabuhan Bandar Bintan Telani (BBT) di Kawasan Wisata Terpadu, Lagoi.

"Tidak ada yang langsung. Tamu yang datang, khususnya yang dari Singapura, masuk ke Lagoi. Dari sana baru kami jemput. dan antarkan ke Joyo Resort, jadi tidak ada yang direct dari Singapura langsung ke pulau," tegasnya.

Editor: Yudha