Nurdin Perintahkan Semua OPD Buat Inovasi Kelola Potensi Laut Kepri
Oleh : Redaksi
Kamis | 12-04-2018 | 10:40 WIB
ikan-bilis.jpg
Ilustrasi - Hasil laut yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga penyumbang PAD. (Foto:asiik2/kominfo.kepriprov.go.id)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Nurdin Basirun mengimbau seluruh OPD dan instansi terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri untuk dapat menciptakan program pengembangan potensi kelautan. Ini, upaya mensupport peningkatan pertumbuhan ekonomi Kepri.

"Kita terus mendorong untuk terkelolanya potensi kelautan Kepri di segala aspek," ujar Nurdin di Tanjungpinang, beberapa waktu lalu, seperti dikutip laman resmi Diskominfo Kepri (kominfo.kepriprov.go.id).

Karena lanjut Nurdin, besarnya potensi kelautan yang dimiliki Provinsi Kepri merupakan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sangat besar bila terkelola dengan baik. "Untuk itu, tak henti-hentinya saya mengharapkan agar setiap OPD dapat membuat inovasi baru untuk mengelola laut kita," ujar Nurdin.

Tak hanya OPD, lanjut Nurdin seluruh Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri juga memiliki tanggung jawab yang sama untuk mengelola dan memanfaatkan kelautan Kepri dengan baik.

"Agar mampu menjadi sumber PAD yang mempercepat pembangunan daerah, khususnya pertumbuhan ekonomi," ujar mantan Bupati Karimun ini.

Tak hanya pengelolaan dari segi hasil laut, lanjut Nurdin, dapat juga dilakukan dengan memanfaatkan potensi kelautan di segala sisi kehidupan. "Sebagai objek dan destinasi wisata, pengelolaan retribusi dan kawasan perairan serta bidang lainnya yang dapat diolah menjadi sumber PAD baru," katanya.

Nurdin menambahkan Pemerintah Provinsi Kepri akan terus berupaya untuk dorong agar pengelolaan potensi kelautan di Kepri dapat tergarap maksimal.

Editor: Gokli