Hari Ini, Pemko Tanjungpinang Launching SWRO Batu Hitam
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 03-04-2018 | 09:24 WIB
sekda-riono-728x3492.jpg
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang mengagendakan peluncuran soft launching Sea Water Reverse Osmosis (SWRO) Batu Hitam, Tanjungpinang, Selasa (3/4/2018).

Proyek penyulingan air laut menjadi air minum ini akan dibuka untuk umum dan sepanjang waktu, di mana sebelumnya hanya dibuka untuk warga setempat dan hanya 5 jam saja.

Rencananya, soft launching SWRO ini akan dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono, mengatakan pihaknya memang sedang melakukan persiapan launcing pengoperasi SWRO. Selain itu, Pemko Tanjungpinang juga tengah melengkapi regulasi aturan harga dan ketetapan pembayaran dan menyepakati terkait subsidi.

"Memang saat ini sudah beropreasi atau telah dilakukan uji coba beroperasi 5 jam per hari secara gratis tanpa dipungut biaya. Nanti setelah launcing secara otomatis yang salama ini memanfaatkan SWRO akan mulai membayar," ujar Riono belum lama ini.

Dijelaskannya, dalam pengoperasiannya, ada pembagian katagori pengguna. Ada kategori Rumah Tangga, Sosial dan Niaga. Dan sekarang katagori ini juga sedang dikaji.

"Untuk usaha rumahan, kita akan kaji lagi. Misalnya dia membuka usaha air galon di rumah, itu tidak lagi masuk dalam katagori rumah tangga, tapi susah niaga," kata Riono.

"Untuk masalah ini bisa kita lihat dari beban pemakaian, karena pemakaian rumah tangga dan niaga itu jelas berbeda dan pasti diketahui. Setelah diketahui dilanjutkan dengan pengecekan di lapangan. Jadi hal-hal seperti ini sedang dilengkapi," tambahnya.

Editor: Udin