Buka Rakerda Kwarda Kepri 2018

Nurdin Sebut Pramuka Berperan Persiapkan Generasi Penerus Bangsa
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 26-03-2018 | 18:27 WIB
Rakor_Kwarda_Pramuka_Kepri.jpg
Nurdin Basirun, mengatakana pramuka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk turut serta mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengatakana pramuka memiliki tugas dan tanggung jawab untuk turut serta mempersiapkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berdaya saing.

Karena itu, Kwarda Pramuka harus memiliki program kerja yang lebih berkualitas dalam rangka pendidikan dan pembinaan generasi muda di Provinsi Kepulauan Riau.

"Pramuka harus semakin aktif, karena itu dibutuhkan program-program yang konkrit dari Pramuka agar lebih berperan dalam peningkatan kualitas generasi muda," ujar Nurdin saat membuka Rapat Kerja Daerah Kwarda Provinsi Kepulauan Riau di Gedung Pusdiklat Kwartir Daerah Kepulauan Riau di Dompak, Tanjungpinang, Minggu (25/3/2018).

Menurut Nurdin, tantangan yang dihadapi generasi muda saat ini semakin berat dan kompleks akibat cepatnya perubahan zaman. Berbagai persoalan muncul, seperti rendahnya solidaritas sosial yang berdampak pada pudarnya rasa nasionalisme bangsa.

Atas dasar itu, Nurdin berharap, melalui Rapat Kerja Kwarda Pramuka Kepri itu, akan dapat menghasilkan program Kerja ungulan Kwarda Kepri, serta terobosan yang akan dapat membawa paradigma kemajuan kepramukaan di Provinsi Kepulauan Riau.

"Selamat melaksanakan Rakerda Kwarda Kepri, semoga pelaksanaannya berjalan lancar dan menghasilkan beberapa keputusan dan program yang ditujukkan untuk kemajuan pramuka di Kepri," ujar Nurdin yang juga merupakan Ketua Majelis Pembimbing Daerah Kwarda Kepri.

Sementara itu Sekda Provinsi Kepri Arif Fadillah melaporkan bahwa dalam satu tahun kepemimpinnya sebagai Ketua Kwarda Kepulauan Riau telah banyak terobosan yang dilakukan untuk menggairahkan kembali kegiatan kepramukaan.

Di antaranya melakukan pembenahan struktur organisasi, konsolidasi pengurus agar lebih solid dan kompak, peningkatan fasilitas dan infrastruktur kantor pramuka di Dompak, perluasan bumi perkemahan dan membenahi tata kelola keuangan.

Di samping itu, Kwarda Kepulauan Riau juga ikut terlibat beberapa kegiatan sosial, di antaranya; penggalangan bantuan dana dan sembako untuk korban gempa Aceh dan korban kebakaran di Kabupaten Lingga serta pelaksanaan Donor Darah sempena Peringatan Hari Pramuka 2017 yang lalu.

Lebih lanjut Arif mengatakan, Rakerda ini memiliki tiga tujuan utama, yaitu untuk melakukan evaluasi program kerja Kwarda Kepri yang telah berjalan pada tahun 2017, menyusun beberapa rencana kerja program kegiatan Kwarda pada tahun 2018 serta untuk mensinergikan kegiatan Kwarda dengan tingkat daerah dan cabang.

"Mari kita sukseskan kegiatan ini dan buat pramuka lebih berkontribusi lagi untuk pembangunan Provinsi Kepulaun Riau," kata Arif.

Pada acara tersebut juga hadir Anggota DPRD Provinsi Kepri, Syarafuddin Aluan, Ketua Harian Kwarda Kepri Ir Lamidi MM, Sekretaris Kwarda Kepri Eko Sumbaryadi, Waka Bina Wasa Syamsuardi, Waka Bina Muda HZ Dadang Ag, Humas dan TTG Drs Sardison MTP serta seluruh pengurus Kwarda Provinsi dan Kwarcab Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: Udin