Kekosongan Kepala OPD Bertambah, Nurdin Instruksikan Open Bidding Dipercepat
Oleh : Ismail
Kamis | 01-03-2018 | 19:02 WIB
gubernur-nurdin153.gif
Gubernur Kepri Nurdin Basirun (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Seiring hijrahnya Kepala Diskominfo serta sejumlah Kepala OPD yang akan memasuki masa pensiun, maka bertambah pula kekosongan jabatan eselon II di Pemprov Kepri. Dengan demikian, dikhawatirkan akan menghambat kinerje sejumlah OPD yang ditinggalkan pimpinannya.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengintruksikan, segera lakukan proses open bidding atau lelang jabatan eselon II di lingkungan Pemprov Kepri.

Bahkan ia menegaskan, mulai April mendatang tidak adalagi jabatan Kepala Dinas (Kadis) yang kosong atau bahkan masih dipimpin pejabat Pelaksana Tugas (Plt). Nurdin ingin semuanya tuntas akhir Maret ini.

"Saya minta Pak Sekda segera lakukan open bidding, supaya tak ada lagi jabatan Plt, biar selesai semuanya," tegas Nurdin kepada wartawan usai melakukan peletakan batu pertama Masjid RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepri, di Tanjungpinang, Kamis (1/3/2018).

Menanggapi hal itu, Sekda Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, menuturkan bahwa kekosongan sejumlah Kepala OPD saat ini sudah dilaporkan kepada Gubernur. Untuk itu, dirinya masih menunggu perintah Gubernur apakah kekosongan tersebut bakal diiisi Pelaksana Tugas (Plt) atau langsung dilakukan open bidding.

"Sudah kita laporkan. Tergantung keputusan Pak Gubernur lagi," singkatnya.

Ia menambahkan, kemungkinan besar paling lambat April mendatang akan dilakukan mutasi jabatan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kepri. Mutasi ini untuk mengisi jabatan yang terjadi kekosongan. Kendati demikian, lanjut Sekda, tidak semua jabatan yang dimutasi. Dirinya menyampaikan, saat ini jabatan yang kepala OPD-nya sudah pensiun dan yang masuk masa pensiun akan diopen bidding (lelang jabatan).

"Kita pun tak ingin berlama-lama, jabatan yang kosong, serta yang dijabat seorang Plt. Maka segera kita lakukan open bidding," terangnya.

Sebagai informasi, saat ini jabatan Kadis yang terjadi kekosongan dan masih dijabat Plt antara lain; Kesbangpol, Dispenda, Diskominfo. Sedangkan jabatan yang Kadisnya sudah memasuki masa pensiun (MMP) Yatim Mustafa Kadis Kebudayaan, Amir Husein Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ridwan Hamta Kadis Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Arifin Nasir Kadisdik, Eko Sumbarjadi Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan.

Editor: Udin