Imlek di Tanjungpinang, Puluhan Pengemis Duduk Rapi di Klenteng Menunggu Angpao
Oleh : Ismail
Jumat | 16-02-2018 | 13:34 WIB
imlek-tpi1.jpg
Seorang warga yang beribadah di Vihara tersebut memberikan angpao kepada pengemis. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perayaan Imlek banyak dimanfaatkan warga untuk memperoleh rezeki. Mulai dari pedagang pernak-pernik khas Imlek hingga para pengemis.

Seperti di Kota Tanjungpinang, puluhan pengemis tampak memanfaatkan moment tersebut di Vihara Sasana Bakti Jalan Merdeka, Tanjungpinang. Sedari pagi, para penuntut belas kasih ini sudah menunggu di pintu masuk dan keluar kawasan Vihara tersebut.

Tak jarang, warga Etnis Tionghoa yang beribadah di Vihara tersebut memberikan angpao kepada mereka.

Ane salah seorang pengemis di kawasan tersebut mengaku, sudah dari pagi ia bersama anaknya datang di Vihara. Tujuannya hanya untuk menunggu belas kasih dari pengunjung Vihara yang melaksanakan ibadah.

"Iya sudah dari pagi di sini," katanya, Jumat (16/2/2018).

Wanita yang kesehariannya sebagai ibu rumah tangga ini mengungkapkan, dirinya memang sudah berulang kali setiap tahunnya melakukan kegiatan tersebut. Ia mengaku hanya memanfaatkan moment imlek tersebut untuk mengais rezeki dengan cara tersebut.

Dalam satu hari, kata Ane, dirinya bisa mendapatkan Rp 60-70 ribu. "Karena di sini kan juga banyak yang lain. Jadi dibagi-bagi," ungkapnya.

Selain Ane, tampak puluhan pengemis lainnya yang menunggu di tempat ibadah tersebut. Mulai dari orang tua hingga anak-anak. Terkadang para pengemis harus berebutan satu sama lain jika ada yang memberi uang.

Editor: Yudha