Rudenim Tanjungpinang Pindahkan 287 Pengungsi ke Hotel Hermes
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 29-01-2018 | 10:52 WIB
pengungsi01.jpg
Pengungsi yang sempat ditampung di Rudenim Tanjungpinang dipindah ke Hotel Hermes, Bintan. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 287 orang pengungsi dari tiga negara yakni Bangladesh, Afganistan dan Somalia yang sempat ditampung di Rumah Dentensi Imigrasi (Rudenim) Tanjungpinang dipindah ke Hotel Hermes, Jalan Trikora, Kabupaten Bintan, Senin (29/1/2018).

Kepala Kantor Rudenim Tanjungpinang, Hamza menyampaikan, pemindahan para imigran yang sudah mendapat status pengungsi (Refugee) dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dilakukan secara bertahap, dalam waktu tiga hari, yang dimulai dari sekarang.

"287 pengungsi itu akan ditampung di Hotel Hermes," kata Hamza, Senin.

Dijelaskannya, hari ini, Rudenim Tanjungpinang memindahkan 100 orang. Sisanya akan dipindahkan besok dan lusa.

Selain dari Tanjungpinang, sejumlah pengungsi dari daerah Batam, Pontianak dan Manado juga akan dipindah ke Hotel Hermes.

"Mereka yang ditempatkan di hotel ini hanya untuk tempat penampungan sementara, tinggal menunggu pemindahan International Organitation Migran (IOM) untuk dikirimkan ke negara ketiga," katanya.

Untuk mengawasi para pengungsi itu, sambung Hamza, pihaknya akan menempatkan petugas di Hotel Hermes. "Meski mereka sudah dipindah ke Hotel Hermes, tetap akan kami awasi," ujarnya.

Setelah dilakukan pemindahan, Hamza mengaku, Rudenim Tanjungpinang akan menampung sekitar seratusan orang imigran, yang belum mendapat status pengungsi dari UNHCR.

Editor: Gokli