Bahkan Picu Kemacetan

Bazar Perayaan Tahun Baru Imlek di Tanjungpinang Ramai Dikunjungi Warga
Oleh : Ismail
Minggu | 21-01-2018 | 14:00 WIB
bazar_imlek.jpg
Bazar perayaan Tahun Baru Imlek di Jalan Merdeka Kota Lama, Tanjungpinang (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2569, yang jatuh pada 16 Februari mendatang, Bazar Imlek sudah mulai menyemarakkan momen terpenting bagi warga Tionghoa itu. Salah satunya di kawasan Jalan Merdeka, Kota Lama, Tanjunginang.

Tampak di kawasan tersebut tersebut, sejumlah stand mulai menjajakan pernak-pernik tradisi Tionghoa dalam menyambut Tahun Baru Imlek.

Masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya, bazar yang didirikan pada tahun anjing ini dimulai pada malam hari dan memenuhi kawasan Jalan merdeka. Tak pelak, padatnya pengunjung bazar tersebut mengakibatkan kemacetan di ruas jalan tersebut.

Salah seorang pengunjung Bazar, Herika, mengaku menyambut baik pelaksanaan bazar tersebut. Menurutya, bazar Imlek yang dilaksanakan setiap tahun ini sangat baik. Di samping menjadi salah satu hiburan, juga menjadi sarana peningkatan pengetahun bagi masyrakat terkait tradisi Tionghoa dalam menyambut moment pergantian tahun.

"Pernak-pernik yang dijual bagus-bagis. Baru tahu, kalau setiap pernak-pernik yang dijual punya filosofi tersendiri," ungkapnya.

Namun, dalam kemeriahan pelaksanaan bazar tersebut, dirinya mengeluhkan lalu lalangnya kendaraan yang melintasi kawasan bazar tersebut. Ia mengatakan, seharusnya selama pelaksanaan bazar di ruas Jalan Merdeka, pengedaraan roda dua dan empat dilarang memasuki area tersebut. Sehingga tidak terjadinya kemacetan.

"Seharusnya jalan ini ditutup untuk motor dan mobil. Jadi, yang pengunjung hanya berjalan kaku saja disini. Kalau begini kan menganggu pengunjung jadinya," katanya.

Herika menyebut, kondisi tersebut memang kerap terjadi setiap tahunnnya. Kondisi tersebut, menurutnya, menjadi salah satu gangguan bagi para pengunjung bazar imlek.

Editor: Surya