Proyek Pembangunan Saluran Drainase di Kelurahan Kibing Batuaji Mangkrak
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 06-03-2018 | 17:02 WIB
drainase-mangkrak1.jpg
Ini proyek pembangunan drainase di Batuaji yang mangkrak. (Foto: Yosri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Proyek pembangunaan saluran drainase di samping Perumahan Griya Surya Karisma, Kelurahan Kibing, Kecamatan Batuaji tidak ada kelanjutan. Pembangunan proyek itu sepertinya asal jadi sehingga terhenti.

Proyek yang menelan anggaran Rp 1,2 miliar itu membuat warga sekitar mengaku kecewa sebab dapur rumah warga yang berbatasan dengan saluran drainase mulai rusak sehingga berdampak bagi lingkungan tempat tinggal mereka.

"Seharusnya di semenisasi jagan dibiarkan saja setelah digali. Akhirnya longsor dan merusak dapur warga," ujar Marius Situmorang, Ketua RW 03 Perumahan Griya Surya Karisma, Selasa (6/3/2018).

Menurut Marius, pengerjaan proyek drainase itu hanya berjalan dua bulan saja dan sudah terhenti sejak bulan Oktober 2017 lalu. Semenisasi yang dikerjakan hanya hanya 90 meter saja yang berada di samping Perumuhan warga. Sementara sisa 57 meter lagi hanya sebatas galian saja.

"Sudah di berikan tambahan waktu, tapi tetap saja pengelola proyek tak bisa menyelesaikan drease itu. Sesuai dengan perencanaan awal seharusnya sampai ke unjung perumahan ini," ujarnya lagi.

Marius menyangkan kenapa proyek tersebut terenti di tengah jalan. "Itu yang kami sayangkan kenapa hanya sebagian saja yang disemenisasi sementara lanjutanya tak diteruskan sampai ke unjung perumahan warga itu agar tidak longsor," ujarnya lagi.

Dengan adanya keluhan itu warga berharap agar pemerintah Kota Batam meninjau lagi proyek tersebut apakah sesuai dengan perencanaan awal atau belum. Selain belum rampung proyek itu juga dinilai dikerjakan asal-asalan saja.

"Lihatkan dinding tembok itu tipis dan tidak rata. Ntar lagi roboh itu. Seperti dikerjakan asal jadi saja," ujar Neta, warga lainnya.

Pantauan di lapangan tidak ada lagi aktifitas proyek di sepanjang drainase itu. Pengerjaan hanya baru sebatas pengalian saluran drainase saja. Galian di pinggiran drainase itu sudah banyak yang longsor dan merusak dapur rumah warga.

Camat Batuaji Ridwan saat dikonfirmasi mengaku belum mengetahui adanya persoalan itu. "Saya belum tau. Nanti saya cek ke lapangan. Saya belum bisa jawab," ujar Ridwan.

Editor: Yudha