Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Posal Lanal Batam Selamatkan ABK dan Muatan KM Sumber Bahagia 89
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 28-10-2017 | 15:50 WIB
Posal-Lanal-Batam1.gif Honda-Batam
Pos Angkatan Laut Lanal Batam berhasil menyelamatkan kru dan muatan KM Sumber Bahagia 89. (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pos TNI AL (Posal) Pulau Galang berhasil menyelamatkan ABK dan muatan KM Sumber Bahagia 89 yang tenggelam di Perairan Galang Batam, Jumat (27/10/2017).

Kejadian sekitar pukul 14.00 WIB, KM Sukses Bahagia 89 bertolak dari Tanjungpinang dengan muatan barang kelontong dan biji karet dengan tujuan Tanjungbalai Karimun.

Pada pukul 17.45 WIB, sesampainya kapal di Perairan Dapur 3 Jembatan 5 Galang, Kota Batam, pada posisi 00 47 94 N - 104 12 63 E, kapal mengalami kecelakaan karena diterpa arus kencang. Sehingga, kapal sulit dikendalikan oleh nahkoda dan akhirnya kapal terbalik dan kandas tenggelam.

"Begitu mendapat informasi, Posal Galang langsung menuju lokasi menggunakan speed untuk menyelamatkan nahkota dan ABK. Mereka berhasil diselamatkan dan dievakuasi ke speed," ungkap Danlanal Batam, Kolonel Laut (P) Ivong Wicaksono, Sabtu (28/10/2017).

Selain itu, pihaknya juga berjaga dan melakukan pengawasan di sekitar kapal bersama warga, untuk menghindari terjadi penjarahan terhadap muatan kapal.

"Kapal tersebut mengangkut barang kelontong dan biji karet. Awak kapal dan muatannya berhasil diselamatkan semua," tambahnya.

Tidak hanya itu, dokumen-dokumen penting kapal turut berhqsil diselamatkan. "Walau kapal tenggelang, tapi dokumennya bisa diselamatkan. Ini merupakan bentuk nyata peran TNI AL bahwa diminta ataupun tidak, harus siap melaksanakan bantuan terhadap kapal yang mengalami kecelakaan di laut," pungkasnya.

Editor: Yudha