Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Upacara Sumpah Pemuda, Apri Bacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga
Oleh : Syajarul Rusydy
Sabtu | 28-10-2017 | 10:26 WIB
Apri-sumpah2.jpg Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi yang tampil sebagai inspektur upacara membacakan pidato Menpora Imam Nahrawi. (Foto: Syajarul Rusydy)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Upaca peringatan Sumpah Pemuda ke-89 tahun 2017 di Kabupaten Bintan digelar di Lapangan Relif Antam, Kijang, Kecamatan Bintan Timur (Bintim), Sabtu (28/10/2017).

Bupati Bintan Apri Sujadi yang tampil sebagai inspektur upacara membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Dalam pidatonya yang dibacakan Apri, Imam Nahrawi menyampaikan, delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 November 1928, sebanyak 71 pemuda dari penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung di Jalan Keramat Raya, daerah Kwitang, Jakarta.

Mereka mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa, yaitu Indonesia. Sungguh, sebuah ikrar yang sangat monumental bagi sejarah perjalan Indonesia. Ikrar ini nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1945.

"Saya berharap, generasi muda Bintan dapat menjadi pemuda yang menghargai perjalan 71 pemuda tersebut, serta mengambil contoh dari perjalan pemuda-pemuda sebelumnya," harap Apri.

Pantauan BATAMTODAY.COM, di lapangan peserta yang mengikuti Upacara Sumpah Pemuda tersebut mengenakan berbagai jenis pakain adat yang ada di Indonesia. Serta diikuti berbagai ormas dan pemuda yang ada di Bintan.

Editor: Udin