Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemekaran Kecamatan dan Kelurahan di Bintan Baru Sebatas Kajian
Oleh : Syajarul Rusydy
Jum\'at | 27-10-2017 | 11:26 WIB
Bupati-Bintan-Apri4.gif Honda-Batam
Bupati Bintan Apri Sujadi. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan pemekaran untuk kecamatan dan kelurahan baru sebatas kajian.

 

"Untuk pemekaran wilayah itu baru sebatas kajian, dan kita masinh menunggu hasilnya," beber Apri saat ditemui di SMPN 1 Bintan, Jumat (27/10/2017).

Menurut Apri kajian pemekaran kecamatan itu merupaka bagian terpenting, dalam pelayanan masyarakat. Sepeti penelitian di Kecamatan Teluk Sebung, yang dianggap rentang kendalinya sangat tinggi, dengan jarak tempuh masyarakat untuk menuju kecamatan tersebut terbilang jauh.

"Seperti misalnya dari Berakit harus ke Sungai Kecil dan sebagainya. Selain itu daerah tersebut khusus daerah pariwisata, hal itu yang memungkinkan kita untuk melakukan pemekaran disana (Teluk Sebung), namun kita masih melihat kesiapan masyarakat dan SDM nya," tutur Apri.

Dalam pemekaran Kecamatan diwilayah Kabupaten Bintan, saat ini yang menjadi fokus adalah dua Kecamatan, selain Teluk Sebong, Kecamatan Bintan Timur (Bintin) juga ikut masuk dalam kajian.

"Khusus Bintim, dilihat dari jumlah masyarakatnya yang sangat banyak, hingga mencapai 40 ribuan. Saya rasa ini sangat perlu untuk dimekarkan," kata Apri.

Namun hal ini masih menunggu hasil kajiannya, yang akan dikonsultasikan ke Mendagri dan apabila memungkinkan maka akan dilakukan pemekaran.

"Tentunya pemekaran ini juga hasil dari masukan, usulan dari semua pihak termasuk masyarakat, yang akan kita usulkan ke Mendagri. Kalau diterima insyallah akan kita mekarkan," timpal Apri.

Editor: Yudha