Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Lagi, Pengelola TPU Sei Temiang Ingatkan Ahli Waris Makam Tua
Oleh : Syajarul Rusydy
Rabu | 25-10-2017 | 17:50 WIB
makam_sei_temiang.jpg Honda-Batam
Salah satu makam yang sudah diketahui ada ahli warisnya. (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Yayasan Khairul Ummah, pengelolah Taman Pemakaman Umum (TPU) Muslim Sei Temiang, Sekupang Batam, kembali mengingatkan kepada ahli waris makam tua untuk segera datang mengurus makam anggota keluarga mereka.

 

Sebab, jika tidak maka makam tua yang sudah berpuluh tahun tak diurus ahli warisnya akan ditimpah. Ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan halan TPU di lokasi tersebut

Sekretaris Yayasan Khairul Uma Zailani mengatakan, lahan pemakanan di TPU Seitemiang sudah tinggal sedikit saja. Yang tesedia saat ini hanya satu blok persis di belakang kantor yayasan Khairul Uma.

Sementara blok-blok lain sudah terisi semua. Jika tidak ditimpah maka dalam bebera bulan ke depan TPU tersebut tak bisa lagi menerima pemakaman baru.

"Lahan tak bertambah, sementara yang dimakamkan terus bertambah. Rata-rata empat sampai tujuh makam perhari," ujar Zailani Rabu (25/9/2017)

Untuk mensiasati persoalan itu, pihak pengelolah pemakaman rencana akan menimpah makam yang tak diurus lagi sama ahli warisnya. Saat ini ada dua blok makam yang tak diurus ahli waris. Selain blok X untuk makam Mr dan Mrs X, ada blok A makam tua yang sudah ada sejak tahun 1950 silam.

"Blok A ini sudah berpuluh tahun tak diurus ahli warisnya. Ada sekitar 20 makam. Kalau sampai lahan habis tetap tak ada ahli waris yang datang maka mau tak mau akan kami timpah," kata Zailani.

Penimpahan akan dilakukan jika semua lahan yang tersedia sudah habis terpakai. Dan menurut prediksi pihak pemakaman, berdasarkan rata-rata yang dimakamkan perhari empat sampai tujuh jenazah, maka dalam hitungan beberapa bulan kedepan sudah habis lahan di sana.

"Tak sampai setahun lagi ini. Beberapa bulan kedepan sudah tak mampu lagi di sini," ujar Zailaani.

Editor: Dardani